Sayembara

Rp 15 M Bagi Yang Bisa Buktikan Kota Bielefeld Fiktif

Klik untuk perbesar
Kastil Sparrenburg yang merupakan spot terkenal di kota Bielefeld. (Foto EPA)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Karena sering menjadi bahan konspirasi, Kota Bielefeld di barat Berlin mengadakan sayembara. Pemerintah kota menawarkan uang 1 juta euro atau sekitar Rp 15 miliar bagi mereka yang bisa buktikan kalau keberadaan Kota Bielefeld hanyalah fiktif belaka.

Berita Terkait : Mahfud MD Bakal Kasih Rp 10 Juta ke Pihak yang Bisa Buktikan Dirinya Anti-Bendera Tauhid


"Kami tawarkan 1 juta euro bagi yang bisa memberikan bukti solid bahwa keberadaan Bielefeld hanyalah isapan jempol belaka. Tidak ada batasan kreatifitas bagi yang menawarkan ide. Kami akan pilih bukti paling meyakinkan," bunyi pengumuman Pemkot Bielefeld dalam sayembaranya dikutip AP, Kamis (22/8). 

Baca Juga : Sebelum Mundur, Imam Nahrawi Pimpin Shalat Berjamaah di Ruang Kerjanya

Kabar mengenai Bielefeld adalah lokasi fiktif pertama kali disebarkan seorang ahli komputer, Achim Held, pada 1994. Teori Held sebenarnya hanya untuk menyindir para penyebar berita konspirasi. Namun, trend ini terus bertahan dan menjadi candaan umum di Jerman dan global. Bahkan, Kanselir Jerman Angela Merkel pernah berkelakar bahwa dia ragu dengan keberadaan Bielefeld, kota yang memiliki populasi 350 ribu orang tersebut. [DAY]