Warna-warni Nusantara Meriahkan Resepsi HUT RI di Madrid

Klik untuk perbesar
Dubes Hermono memberi pidato pembukaan resepsi HUT RI Ke-74 di Wisma Duta. (Foto KBRI Madrid)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Keragaman budaya Nusantara ditampilkan Duta Besar Indonesia dan istri serta seluruh staf Kedutaan Besar Indonesia di Madrid, Spanyol saat resepsi Hari Kemerdekaan Indonesia, di Wisma Duta KBRI. Mereka menarik perhatian dengan berbusana tradisional Indonesia.

Duta Besar Hermono memilih pakaian adat Bali sebagai kostum. Para staf KBRI Madrid ada yang berpakaian tradisional dari Batak, Jawa, Makassar, Betawi, Palembang dan daerah lainnya bahkan pakaian Gatot Kaca.

Berita Terkait : Tarian Nusantara Meriahkan Pasar Malam Indonesia di Malmo

"Resepsi diplomatik tahun ini dimaksudkan untuk mempromosikan keragaman budaya Nusantara," terang Dubes Hermono dalam siaran pers pada RMco.id.

Acara dibuka dengan iringan musik dan Tarian Persembahan dari Bali oleh Cucuk Lampah. Dikuti pidato Dubes Hermono bersama Direktur Jenderal Amerika Utara, Eropa Timur, Asia dan Pasifim Kemlu Spanyol Ana María Sálomon Perez.

Baca Juga : Bank Mandiri Dongkrak Kinerja Petani Ciamis

Dubes Hermono menyebut tamu undangan dari berbagai kalangan dan diplomatik di Madrid mengapresiasi dan mengagumi keragaman budaya yang ditampilkan. Tidak hanya itu, semua makanan khas yang disajikan pun habis bahkan banyak undangan yang tidak segera beranjak meskipun malam sudah mulai larut.

Para tamu  menikmati berbagai makanan khas Indonesia antara lain sate ayam, nasi Bali, siomay dan pecel pincuk, makanan ringan seperti getuk, onde-onde, lapis Surabaya dan lapis legit sambil menyaksikan tayangan video promosi pariwisata melalui layar LED. Hadirin juga dihibur iringan gamelan Jawa yang dimainkan warga Indonesia dan Spanyol antara lain memainkan tembang Gangsaran, Gugur Gunung, Sluku-Sluku Batok, Manyar Sewu, Kebo Giro dan Edan Mas.

Baca Juga : Paloh Garuk Kepala, Bowo Nunjuk-nunjuk

Sebagian hadirin juga nampak mengajak foto bersama para staf mengenakan baju tradisional dengan latar belakang batik maupun lukisan pahat yang ada di Wisma Duta.

Resepsi Diplomatik kali ini terasa berbeda karena dihadiri rombongan Din Syamsuddin, Haedar Nashir dan Abdul Mukti dari PP Muhammadiyah yang sedang menghadiri Conference of Community of Sant Egidio yang diadakan di Madrid. [DAY

RM Video