Angkatan Laut India-RI Latihan Bareng

Klik untuk perbesar
SALAM KOMPAK: Duta Besar Pradeep Kumar Rawat (keempat kiri) bersama Komandan Komando Armada Kedua di Puslatkaprang (dari Angkatan Laut Indonesia) Laksamana Muda Mintoro Yulianto (ketiga kiri) dan Laksamana Muda Alok Bhatnagar (kelima kiri) menyaksikan upacara pembukaan di Markas Besar Komando Armada Kedua Angkatan Laut di Surabaya, Jawa Timur. (Foto Kedubes India)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Untuk pertama kalinya, Angkatan Laut Indonesia dan India melakukan latihan bersama di Surabaya. Latihan bernama "Samudera Shakti" dilaksanakan di Laut Jawa mulai 12-18 November. Usai merapat di dermaga , Komandan INS Rana, Captain Atul Deswal, disambut langsung  Komandan Satuan Tugas Latihan Bersama (Latma) Samudera Sakti 2018 Indonesia – India, diiringi penampilan tarian Remo sebagai ucapan selamat datang.

Duta Besar Pradeep Kumar Rawat bersama Komandan Komando Armada Kedua di Puslatkaprang (dari Angkatan Laut Indonesia) Laksamana Muda Mintoro Yulianto dan Laksamana Muda Alok Bhatnagar menyaksikan upacara pembukaan di Markas Besar Komando Armada Kedua Angkatan Laut Indonesia. Kedua pihak menekankan pentingnya peningkatan kerja sama untuk memastikan keselamatan dan keamanan maritim. India mengirim kapal INS Rana (kapal perang jenis penghancur). Sementara Indonesia, mengirim KRI Sultan Iskandar Muda dalam latihan tersebut.

"Latihan angkatan laut bilateral ini menandai langkah maju yang signifikan dalam keterlibatan operasional antara kedua angkatan laut setelah Ind-Indo Corpat yang telah berlangsung sejak tahun 2002," keterangan resmi Kedubes India, kemarin.

Latihan ini akan melakukan fase pelabuhan dan diikuti fase laut. Selama fase pelabuhan akan ada kunjungan dek, dan diskusi antara para ahli di bidang kepentingan bersama termasuk komunikasi antar operabilitas. Selama fase laut, kapal akan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan maritim, termasuk pencarian dan penyelamatan serta prosedur investigasi berbagai jenis permasalahan di laut. Selain latihan, juga ada diskusi terbuka antar dua pasukan. Latihan bersama ini merupakan tindak lanjut kesepakatan dalam kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Indonesia pada akhir Mei. [DAY]

RM Video