Usai Kecelakaan, Pangeran Philip Serahkan SIM Ke Polisi

Klik untuk perbesar
Pangeran Philip nyetir sendiri. (Foto Hellomagazine)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip (97), menyerahkan surat izin mengemudi (SIM) secara sukarela setelah kecelakaan mobil pada Kamis (18/1) sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, Duke of Edinburgh (gelar Pangeran Philip) telah mengambil keputusan untuk secara sukarela menyerahkan SIM-nya,"  pernyataan Istana Buckingham, seperti yang dikutip dari AFP, Sabtu (9/2).

Berita Terkait : Kecelakaan, NH Dini Tutup Usia

Mobil SUV Land Rover yang dikemudikan Pangeran Philip, menabrak satu kendaraan lainnya di jalanan dekat Perkebunan Sandringham milik istrinya di Norfolk. Mobil itu terbalik, dan melukai seorang bayi berusia 9 bulan yang duduk di kursi belakang mobil. Sang ibu mengalami patah pinggang dan lutut. Sedangkan Pangeran Philip selamat.

"Polisi Norfolk dapat mengonfirmasi bahwa pengemudi Land Rover berusia 97 tahun terlibat dalam tabrakan di Sandringham, secara sukarela telah menyerahkan SIM-nya kepada petugas," bunyi pernyataan polisi.

Baca Juga : Pengusaha Sambut Baik Perjanjian IK-CEPA Dengan Korsel

"Berkas penyelidikan kasus tersebut telah diteruskan ke Lembaga Penuntutan Kerajaan (CPS) untuk dianalisis dan dipertimbangkan."

Insiden kecelakaan membuat Pangeran Philip, yang telah pensiun dari peran publiknya pada 2017, kembali menjadi sorotan. Sejumlah pihak mempertanyakan apakah pangeran yang lima bulan lagi menginjak usia 98 tahun itu masih sanggup mengemudi sendiri.

Baca Juga : Laba Bersih WOM Finance Naik 19 Persen

Philip pensiun dari kehidupan publik pada tahun 2017, meskipun dia kadang-kadang masih muncul bersama istrinya yang berusia 92 tahun di acara-acara resmi. Tidak ada usia legal di Inggris untuk berhenti mengemudi, tetapi pengemudi di atas 70 harus memperbarui SIM mereka setiap tiga tahun. [MEL]

RM Video