Duta Besar Indonesia Untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono

Jadikan Resto WIN Jendela Nusantara Di Georgia

Klik untuk perbesar
Dubes Budi Bowoleksono (ketiga kanan) meresmikan restoran WIN bersama sejumlah diaspora Indonesia dan sahabat Indonesia. (Foto KBRI Washington DC)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ingin meramaikan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat, tiga warga Indonesia mendirikan dan membuka WIN-Indonesian Grill & Gastrobar di kota Atlanta, negara bagian Georgia, AS. Ketiga WNI tersebut yakni Robert Manan, Ivan Raintung, dan Made Yata. Diaspora Indonesia yang mengadu nasib di Paman Sam. Mereka membuka restoran fine dining dengan menu khas Nusantara.

Duta Besar Indonesia untuk AS Budi Bowoleksono didampingi Konsul Jenderal RI Houston Nana Yuliana hadir dalam pembukaan restoran tersebut. Dalam sambutannya, Dubes Bowoleksono menekankan pentingnya kuliner dalam dunia diplomasi.


“Diskusi saat sarapan, makan siang, atau makan malam, merupakan kesempatan yang baik untuk membangun rasa saling percaya antar pihak sehingga komunikasi berjalan dengan baik dan lebih cair. Bahkan banyak kesepakatan yang bisa di capai di meja makan namun tidak bisa di capai di meja sidang,” ujar Dubes Budi.

Berita Terkait : Rayakan Hari TB Sedunia Di Borobudur

Budi menambahkan, makanan merupakan salah satu cara termudah untuk lebih memahami budaya sebuah negara apa lagi hidangan kuliner Indonesia tidak hanya tentang makanan saja, namun juga sebuah representasi budaya, keberagaman, kekayaan dan keunikan Nusantara. Setiap daerah dari 17.000 pulau di Indonesia menggunakan bumbu dan rempah yang berbeda untuk setiap masakan, juga menggunakan cara meracik dan memasak yang beragam.

“Semoga keberadaan WIN merupakan jendela bagi masyarakat Atlanta dan seki- tarnya untuk mengenal Indonesia lebih jauh,” harapnya.


WIN, singkatan dari Wonderful Indonesia, merupakan Indonesian fine dining restoran pertama di Georgia. Kehadirannya diperkuat Executive Chef Yono Purnomo yang juga memiliki restoran Indonesia (Yono’s Restaurant) di Albany, New York.

Berita Terkait : Kehadiran Gojek Positif Bagi Dua Negara

WIN menyajikan hidangan nusantara dengan tampilan “in- ternasional” seperti rendang beef short ribs, new york strip rawon, sari kaya crème brulee, gule kambing lamb chop. Meskipun demikian, para pemilik WIN memastikan agar cita rasa sajian di restoran tersebut tetap khas otentik Indonesia.

Pemerintah Kota Atlanta me- nyambut baik kehadiran WIN yang berlokasi di 2285 Peachtree Road NE, Suite 100 Atlanta, GA 30309, USA. Keberadaan WIN di Atlanta diharapkan dapat menjadi alternatif tujuan kuliner di Atlanta dan memperkaya posisi Atlanta sebagai kota internasional di bagian selatan AS.


WIN Restoran di Atlanta menambah jumlah restoran Indonesia di bagian selatan Amerika Serikat. Hingga Februari 2019, KJRI Houston mencatat terdapat 15 restoran baik fine dining maupun casual dining yang menyajikan menu Indonesia di Texas, Florida, Georgia, dan Oklahoma.[DAY]

RM Video