Demi Sambut MBS, PM Modi Langgar Protokoler

Klik untuk perbesar
BERIKAN BUNGA: Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut kedatangan Pangeran Mohammed bin Salman di bandara New Delhi (Foto Twitter/Narendra Modi)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kedatangan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) di India,  mendapat sambutan hangat.  Saking antusiasnya menyambut kedatangan MBS, Perdana Menteri India Narendra Modi sampai melanggar protokoler kenegaraan.

MBS mendarat di bandara New Delhi, Selasa (19/20. Modi menyambut di bawah tangga pesawat, mengantarkan sendiri karangan bunga, menjabat tangan dan memeluk putra Raja Salman itu. Biasanya, jika ada tokoh penting atau pemimpin negara yang datang hanya menteri atau pejabat senior India yang ditugaskan menyambut tamu di bandara.


Pelanggaran Modi boleh-boleh saja. Tergantung pentingnya tamu kenegaraan kali ini. "Semoga ini menjadi babak baru hubungan bilateral kedua negara," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri India Raveesh Kumar menanggapi langkah Modi.

Berita Terkait : Ketemu Putra Mahkota Saudi, Jokowi Ngobrol Soal Energi

"Keputusan PM Modi menyambut pangeran Mohammed bin Salman sebagai bentuk keakraban kedua negara," sambungnya.

MBS tiba di India setelah mengakhiri kunjungannya ke Pakistan. Pembicaraan soal kerja sama bilateral diagendakan Modi dan MBS dan sejumlah pebisnis. Dilasir Arab News, Saudi akan menandatangani  investasi hingga 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14 triliun untuk sektor infrastruktur dan pertanian India. Namun bisa jadi jumlahnya akan lebih besar lagi. [DAY]


Sebelumnya, Saudi mengucurkan dana investasi sebesar 20 miliar (Rp 282 triliun) di Pakistan. Jumlah ini jauh lebih besar dari prediksi sebelumnya, yaitu 10 miliar (Rp141 triliun).

Baca Juga : Inggris dan Iran Makin Memanas

Saudi  telah menjadi pemasok minyak mentah terbesar bagi India. Di Saudi saat ini ada 3,5 juta pekerja asal India. Kunjungan MBS ke India dan Pakistan dilakukan di tengah hubungan kedua negara yang memanas. India menuding Pakistan menyokong kelompok teroris yang mengebom di Kashmir, menewaskan lebih dari 41 orang.

MBS rencananya akan meninggalkan India pada Rabu malam (20/2) untuk bertolak ke China dalam rangkaian terakhir tur Asia. Sebelumnya dia dijadwalkan kunjungi Indonesia dan Malaysia, namun ditunda.


 

RM Video