Menlu Beramah-tamah Dengan Siswa Sekolah Indonesia Jeddah

Klik untuk perbesar
Menlu Retno Marsudi asyik berbincang dengan siswa Sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: Kemlu RI).

RMco.id  Rakyat Merdeka - "Bisa menyanyi?"
"Bisa dong", jawab siswa  Taman Kanak-Kanak Sekolah Indonesia Jeddah (TK -SIJ)

"Coba lagu apa?"
"Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku.....," Albar menyanyikan lagu Indonesia Raya  dengan lantang.

Berita Terkait : Ozil Kutuk Teroris Di Selandia Baru

Obrolan tersebut berlangsung saat kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Arab Saudi, 4 Maret 2019. SIJ punya TK hingga SMA. Retno beramah tamah dengan para guru serta siswa-siswanya.  Kunjungan ini adalah kunjungan Menlu pertama ke sekolah SIJ sejak berdiri 1964. 

"Anak-anak Indonesia di luar negeri punya hak yang sama mengenyam pendidikan dengan teman-teman mereka di Indonesia. Tugas Pemerintah memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan nyaman," tutur Retno, dilansir keterangan pers Kementerian Luar Negeri, hari ini.

Berita Terkait : Pemerintah Mau Bikin Pameran & Festival Sarung Indonesia

Sejak berdiri, setiap tahunnya SIJ mendidik sekitar 1.200 siswa TK hingga SMA, yang sebagian besar adalah putera-puteri Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jeddah dan sekitarnya. Tidak sedikit dari anak-anak tersebut yang tidak memiliki ijin tinggal resmi bahkan tidak memiliki identitas. 

Menlu Retno Marsudi dengan siswa Sekolah Indonesia Jeddah, Albar. (Foto : Kemenlu)

Saat ini, SIJ masih menggunakan gedung yang disewa sejak 2003. Pemerintah sedang mencarikan gedung yang lebih baik agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih baik. 

Baca Juga : Erwin Aksa Temani Sandi Kampanye Di Lamongan

Selain SIJ, terdapat dua sekolah Indonesia lainnya yang dikelola Pemerintah Indonesia di Arab Saudi.  Yaitu Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dan Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). [MEL]

RM Video