Dikawal Polisi Timor Leste, WNI Antusias Beri Suara

Klik untuk perbesar
WNI yang hendak mencoblos berkerumun di depan pintu masuk KBRI Dili, Timor Leste, kemarin. (Foto : KBRI Dili).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Animo WNI di kota Dili, Timor Leste dalam menunaikan hak pilihnya di Pemilu 2019, tinggi. Lebih dari 80 persen Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ikut.

27 personel Polisi Nasional Timor Leste (PNTL) diterjunkan menjaga pintu KBRI Dili untuk mengamankan pemilu luar negeri di wilayah tersebut. “Itu betul. WNI di sini sangat antusias mengikuti Pemilu.

Berita Terkait : Timor Leste Mau Nyontoh Pemilu Ala Indonesia


Mereka bahkan saling dorong di pagar. Saya sampai naik pagar menenangkan para pemilih. Polisi Nasional Timor Leste pun ikut membantu. Meski begitu, kondisi secara keseluru- han aman terkendali,” ujar Sekretaris Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Eka Putra Musa Mauboy, kepada RMCO.

Menurut Eka dari 4.109 surat suara, sekitar pukul tiga, terpakai 3.347. Pencoblosan dibuka hingga pukul 21.00. Surat Suara masih banyak. Tim TPS Luar Negeri (TPSLN) menelepon calon pemilih yang belum datang. Mengajak untuk datang memilih.

Berita Terkait : 3.346 WNI Tunaikan Hak Pilih di Timor Leste

Para pasien atau orang sakit di Timor Leste akan dimasuk- kan ke dalam DPKLN (Daftar Peserta Khusus Luar Negeri). “Selama surat suara masih ada, anggota KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) akan mengantar surat suara ke rumah sakit tempat mereka berada, agar mereka dapat menggunakan hak pilih mereka,” terang Eka.


Pemilu 2019 dengan Kotak Suara Keliling Luar Negeri (KSKLN) untuk 12 distrik selain Dili, telah dilaksanakan pada 8-10 April lalu. Dari 617 Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) terdapat 538 calon pemilih yang hadir menggunakan hak pilihnya di ke-12 distrik Timor-Leste. Tingkat partisipasi mencapai 87,2 persen. Namun, untuk penghitungan suaranya, akan dilakukan secara serentak pada 17 April mendatang.

Berita Terkait : Animo WNI Tinggi, Polisi Timor Leste Ikut Bantu Pengamanan

Dalam Pemilu 2019, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili telah mendaftarkan 4.027 orang WNI dalam DPTLN. Yang terdiri dari 2.667 orang pria dan 1.360 orang wanita. [HES]

RM Video