Penggalangan Dana Mulai Hari Ini

Notre-Dame Terbakar, Presiden Macron Siap Renovasi Kembali

Klik untuk perbesar
Gereja Notre-Dame yang merupakan ikon kebanggaan masyarakat Prancis, terbakar Senin (15/4) sore. (Foto: AFP)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan, pihaknya akan segera mengkampanyekan pembangunan kembali Gereja Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis, yang terbakar Senin (15/4) sore.


Seperti diberitakan sebelumnya, musibah kebakaran tersebut telah meluluhlantakkan bagian atap salah satu monumen budaya dan keagamaan ternama di dunia.

Berita Terkait : Notre-Dame Terbakar, Presiden Macron Batalkan Acara

"Kami mampu membangun katedral ini lebih dari 800 tahun yang lalu. Dalam perjalanan panjang abad itu, kami juga telah melakukan sejumlah perluasan dan renovasi. Dan kini, saya yakin kita bisa memugarnya kembali secara bersama-sama. Penggalangan dana akan kami lakukan besok," kata Macron, di depan menara kembar terkenal di Ile de la Cité, pusat Kota Paris, jelang Senin (15/4) tengah malam waktu setempat, seperti dikutip Financial Times.


“Notre-Dame adalah bagian dari sejarah kami, literatur kami, dan imajinasi kehidupan kami. Notre-Dame adalah tempat kami hidup dengan berbagai momen besar dan bersejarah, epidemik, perang, dan kemerdekaan kami. Inilah pusat kehidupan kami," ujar Macron.

Berita Terkait : Redam Unjuk Rasa, Presiden Prancis Katrol UMR

"Gereja ini milik seluruh orang Prancis, meski tak semua dari mereka pernah mengunjunginya. Sejarah ini milik kita, dan sekarang terbakar," imbuh presiden kelahiran 21 Desember 1977 itu. [HES]

RM Video