Barengan Dengan Insiden Notre Dam

Kebakaran Kompleks Al-Aqsa Cepat Ditangani

Klik untuk perbesar
(Foto Gulf News)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Salah satu bangunan di komplesk Masjid Al-Aqsa di Yerusalem terbakar Senin malam (15/4) bersamaan dengan kebakaran besar Katedral Notre Dame Paris. Api itu padam dengan cepat tanpa ada yang dilaporkan cedera. 


Kata kantor berita Wafa menyebut semua telah ditangani dengan cepat. "Kebakaran terjadi di ruang penjaga di luar atap Ruang Doa Marwani," berita kantor berita Wafa.

Berita Terkait : Toko Roti Di Paris Meledak, 2 Pemadam Kebakaran Tewas

Penyebab kebakaran ini tidak diketahui pasti. api pertama muncul dari bagian atap sebuah gedung yang disebut Ruang Salat Marwani. Ruang tersebut terletak di bagian bawah sudut tenggara kompleks Haram al-Sharif yang juga disebut sebagai Temple Mount. Terdapat Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsa di dalam kompleks yang disucikan tiga agama tersebut.


Dilansir media Rusia, RT, Direktur Jenderal Departemen Urusan Masjid Al-Aqsa dan Wakaf Yerusalem, Sheikh Azzam al-Khatib, menyebut api muncul di bagian halaman kompleks Masjid Al-Aqsa. Informasi awal, sebut Al-Khatib, api mungkin dipicu anak-anak yang bermain di area tersebut.

Baca Juga : MUI Bakal Kumpulkan Sejumlah Ormas Islam

Menanggapi insiden itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas memperingatkan siapa pun untuk tidak menargetkan situs suci, menekankan kebutuhan untuk melestarikan "nilai agama dan kemanusiaan yang besar."


Tidak ada kerusakan interior atau korban yang dilaporkan dari kebakaran, yang bersamaan dengan kebakaran Notre Dame di Paris. Sebagian besar atap katedral yang berumur 850 tahun, hancur dilalap api. [MEL]

RM Video