Jelang Penobatan, Raja Thailand Umumkan Nama Istrinya

Klik untuk perbesar
Raja Thailand Vajiralongkorn (Foto: Reuters)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengumumkan dirinya telah menikah dengan General Suthida Vajiralongkorn, Rabu (1/5). Ia pun memberinya nama Ratu Suthida.

Pengumuman melalui Lembaran Kerajaan itu disampaikan menjelang penobatan Raja pada 4-6 Mei mendatang. Vajiralongkorn yang juga dikenal sebagai King Rama X, menjadi pemegang kekuasaan monarki konstitusional setelah ayahnya, Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada Oktober 2017. Bhumibol tercatat bertahta selama 70 tahun.

Berita Terkait : Rayakan Tahun Pertama Penobatan, Raja Malaysia Bagi-bagi Medali dan Gelar Kehormatan


Tahun 2014, Vajiralongkorn mengangkat Suthida Tidjai yang mantan pramugari Thai Airways, menjadi Deputi Komandan Unit Pengamanan Raja. Beberapa kalangan pengamat kerajaan dan media asing, ramai mengaitkan Vajiralongkorn dan Suthida dalam hubungan asmara. Namun pihak kerajaan, malah tidak menyadari hubungan keduanya.

Raja mengangkat Suthida menjadi Full General pada Desember 2016, dan Deputi Komandan Pasukan Pengamanan Raja Raja pada 2017. Vajiralongkorn juga memberinya gelar kerajaan Thanpuying, yang sama artinya dengan Lady.

Berita Terkait : OJK Terbuka Kehadiran Bank Thailand

Karena Vajiralongkorn naik tahta setelah kematian ayahnya, maka penobatan resminya mengikuti periode berkabung Raja Bhumibol, yang kremasi kerajaannya diadakan setahun setelah kematiannya. [HES]