Demo Bayaran

BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tiba-tiba bangkit. Bergerak begitu cepat. Menjalar ke seantero negeri aksi demonstrasi mahasiswa. Materi tuntutannya seragam. Adakah kekuatan uang liar yang menggerakkan? Adakah konduktor yang mengatur irama aksi ini?

Jika ya, sungguh canggih sekali. Selama ini gerakan mahasiswa seperti hilang ditelan bumi. Diam seribu bahasa dan absen bersuara saat pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebi jakan yang dirasakan memberatkan rakyat.

Kini, dalam kasus yang hangat diperbincangkan ini, mahasiswa bahkan siswa ikut turun ke jalan. Aksi gerakan yang dilakukan para mahasiswa tergolong radikal, berani.

Berita Terkait : Kebebasan Jangan Kebablasan

Kalau dalam industri demo yang pernah menjamur di masa-masa transisi pasca reformasi, gaya demo anarkis itu bayarannya tinggi. Semakin rusuh semakin mahal harganya.

Begitulah dulu industri demo berjalan. Gerakan mahasiswa tiga hari ini sungguh luar biasa. Begitu kompak, massif, dan represif.

Melihat intensitas aksi mereka wajar bila menguat dugaaan ada yang memberi amunisi; ditenggarai ada yang memberi kayu bakar dan minyak sehingga kobar api semangat turun ke jalan menyala.

Berita Terkait : Menyoal Fee

Kita lihat nanti ujungnya. Jika ada pihak yang meng-engineering aksi untuk merusak tatanan demokrasi maka sudah keharusan bagi pemerintah untuk mengusut.

Lalu beri pelajaran dengan keras tentang makna mahalnya ongkos demokrasi serta pentingnya mengapresiasi nilai-nilai keragamaan dan keberbedaan.

Tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara harus dijaga jangan sampai rusak. Sekarang hanya berharap demonstrasi mulai calm down. Bila benar ada bohir demo, sudahlah hentikan kekejian ini.

Berita Terkait : Menolak Tawaran Menteri

Bahwa benar harus ada yang dibenahi dari materi undang-undang yang hendak digolkan, baiknya berurun rempug untuk mencori solusi damai dan menentramkan hati semua.

Situasi harus segera kondusif untuk iklim investai dan pergerakan ekonomi nasional. Presiden Jokowi diharapkan segera merespon tanpa merasa didikte. Apa yang diyakini benar diputuskan untuk republik ini lakukanlah.

Pasti kan semua aparatur turut dalam mensosialisasi apa yang baik untuk negeri. Perankan dengan maksimal pasukan tak terlihat, para intel negeri ini, untuk segera mengembalikan hawa sejuk kehidupan negeri ini. At any cost and risk. ***