Kotak Rusak

SUPRATMAN

RMco.id  Rakyat Merdeka - Di Cirebon, ribuan kotak suara pemilu rusak terkena air hujan. Kotak-kotak basah itu dibuang di dekat gudang KPU. Ditumpuk. Ada juga yang dijemur. Foto-fotonya beredar luas, Minggu (10/2).

Di media sosial, kondisi ini menimbulkan spekulasi macam-macam. Ada yang khawatir, kondisi kotak suara ini berpotensi menimbulkan kecurangan.

Berita Terkait : Rapat Di Hotel

Ada juga yang mempertanyakan KPU yang sebelumnya mengatakan bahwa kotak suara tersebut kuat. Mampu menahan beban lebih dari 80 kilogram. Anti air. Ternyata bisa rusak juga. Kotak suara yang rusak di Cirebon jumlahnya lumayan: 1.410 unit.


Data ini mengacu pada temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat. Apa pun penyebabnya, terendam air hujan atau bukan, karena faktor bencana atau bukan, faktanya, kotak tersebut rusak. KPU perlu segera turun tangan menangani masalah ini.

Berita Terkait : Drama Bola

Karena, jauh-jauh hari, memang ada yang mempertanyakan penggunaan kotak suara dari karton duplex ini. Kalau rusak, segera ganti yang baru. Ini untuk menghindari berkembangnya berbagai macam spekulasi.

Termasuk adanya kekhawatiran bah￾wa kotak suara yang “ringkih” memungkinkan pihak-pihak tertentu berbuat curang. Sebenarnya, masalahnya bukan pada kotak suara dari karton, alumunium atau besi.
 Selanjutnya 

RM Video