BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi pergi dari negeri ini. Oleh karena tak pasti, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tetap jalan. Begitulah yang disampaikan Presiden Jokowi kepada publik. Seberapa logiskah pernyataan itu? 

Tidak ada yang salah, tentu. Kalau misalnya disetujui ditunda, sampai kapan penundaan Pilkada dilakukan? Kalau penundaan dilakukan sampai pandemi pergi, pertanyaannya, memang sudah ada informasi atau prediksi yang presisi kapan perginya Covid-19? Semua masih gelap.

Berita Terkait : Herd Immunity

Alih-alih pergi, Covid-19 diyakini akan tetap  ada di seluruh penjuru dunia ini. Opsinya hanya dua: berdamai dengan covid atau melanjutkan perjuangan melemahkan Covid. Nah sepertinya keduanya sedang disimulasikan.

Kalau pemerintah menyatakan bahwa tidak ada yang bisa memprediksi kapan pandemi berakhir, kenapa kebijakan untuk menjalankan ada yang berbeda-beda, misalnya mengapa Pilkada jalan terus sementara kegiatan-kegiatan lain tidak boleh dilaksanakan karena ada pandemi, harusnya karena sama-sama di bawah ancaman pandemi kebijakannya juga harus sama.

Berita Terkait : Kenapa Korban Covid Melonjak?

Kenapa Presiden tidak bersikap sama dalam urusan dunia pendidikan? Padahal saat ini wajah pendidikan di Indonesia berubah drastis akibat Covid-19. Perubahan besar dan tiba-tiba yang tentunya menimbulkan banyak masalah ini seharusnya juga mendapat perhatian yang sama dari Presiden.

Kebijakan untuk melaksanakan Pilkada sementara kegiatan pada sektor vital lainnya tetap dihentikan pastinya menimbulkan pertanyaan dalam benak masyarakat. Apa yang membuat Pilkada ini seolah-olah lebih besar urgensinya dibanding kegiatan di sektor pendidikan, misalnya?

Berita Terkait : Kejahatan Masa Pandemi

Pada akhirnya, kita tentu hanya mampu berharap agar Pemerintah terus berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan segala macam permasalahan yang timbul di era pandemi ini. Dan semoga kebijakan yang akan diambil oleh Presiden untuk tetap melaksanakan Pilkada adalah salah satu dari usaha-usaha tersebut.