BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bangsa kita sejatinya bangsa yang kuat. Kesulitan-kesulitan, lingkungan tidak sehat, dan poor condition-lah yang membuat bangsa ini kuat. Jadi survival mode-nya jalan otomatis di segala cuaca buruk. Termasuk memasuki pandemi ini.

Kuatnya bangsa ini bukan karena pemerintahnya yang power meng-empower warganya. Tapi karena powerless-nya sehingga warga mencari cara sendiri agar tetap bisa bertahan hidup. Agar bisa memiliki kemampuan untuk melawan segala serangan virus yang melemahkan.

Berita Terkait : Pilkada Wabah Pilkada

Kondisi lingkungan yang buruk antara lain telah melatih daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Tubuh dirancang-Nya punya kecerdasan untuk mempertahankan bahkan menyerang makhluk asing yang masuk ke tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik kuncinya.

Imunitas tubuh ini bukan hanya memiliki daya menolak virus berbahaya tapi juga memiliki kemampuan menyerang balik, membunuh virus. Banyak yang terserang kuman atau virus akhirnya sembuh dengan sendirinya. Bahkan kuman dan virus pun sudah tak punya daya lagi untuk memapar apalagi menjadi sebab kematiannya.

Berita Terkait : Kenapa Korban Covid Melonjak?

Keadaan kemiskinan dengan segala problemnya pada gilirannya mampu menguatkan mental bangsa ini. Krisis, resesi, depresi bahkan great depresi ekonomi sejatinya tidak banyak mempengaruhi hidup mereka. Sudah terbiasa dengan himpitan kesulitan. Sudah tidak terasa lagi.

Kemampuan bertahan bahkan kemampuan menyerang terhadap bahaya ini berlaku di masa pandemi Covid-19. Inilah barangkali yang disebut herd immunity. Kemampuan jiwa raga untuk bisa menghandle permasalah bahkan yang lebih pelik dan sulit. 

Berita Terkait : Kejahatan Masa Pandemi

Di masa Covid, percayakan pada kemampuan diri menghadapi semua. Perbanyak bahagia. Karena bahagia mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Terimalah pandemi semoga Indonesia terus naik level.