ISWARA DARMAYANA
ISWARA DARMAYANA

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pada saat angka penularan Covid-19 masih cukup tinggi, para pejabat publik, baik di pusat maupun daerah harus menjadi teladan dalam mematuhi protokol kesehatan. Kalau yang di atas patuh, yang di bawah akan mengikuti. Bahkan lebih patuh.

Kita berharap ke depan, tak ada lagi pejabat publik yang melanggar protokol kesehatan.

Berita Terkait : Ayo Cepat Bagi Masker

Tak ada lagi Bupati yang berjoget tanpa masker di acara hajatan. Tak ada lagi, pimpinan DPRD yang mengadakan acara dangdutan dengan ratusan penonton.

Aparat penegak hukum tak perlu takut atau ragu-ragu untuk menindak tegas pejabat publik yang melanggar protokol kesehatan. Ini penting supaya hal serupa tak dilakukan pejabat lainnya.

Berita Terkait : Usaha Rakyat Tak Boleh Mati

Ke depan, para pejabat publik dan rakyat mesti bersama-sama menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini perang total melawan Covid.

Kalau saat keluar rumah, 90 persen masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan, mata rantai penyebaran virus Corona di kota-kota besar bisa diputus dalam waktu kurang dari dua bulan.

Berita Terkait : Ayo Fokus Atasi Covid

Kita berharap, para menteri, gubernur, bupati dan walikota selalu memberikan contoh ke masyarakat bagaimana cara memakai masker yang benar. Pejabat publik juga mesti memberikan contoh bahwa mereka selalu menjaga jarak saat kunjungan kerja ke daerah.

Pejabat publik tak perlu membuat acara pertemuan dengan banyak orang. Selama masa Pandemi Covid, rapat atau pertemuan bisa dilakukan secara virtual. Kalaupun terpaksa harus rapat tatap muka, pesertanya sangat terbatas dan diadakan di tempat terbuka, seperti di teras, halaman atau taman kantor.
 Selanjutnya