BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sudah setahun lebih Kabinet ini bekerja. Melewati masa-masa yang tidak mudah. Masing-masing langsung diuji leadership dan kemampuan manajerial di tengah situasi abnormal. Situasi demikian sekaligus menjadi instrumen seleksi siapa yang terbaik dan patut dipertahankan.

Di masa-masa tersulit Kabinet ini dipersulit dengan perilaku kekuasaan salah satu anggotanya yang menyimpang. Bener-bener mengoyak kepercayaan. Presiden Jokowi mesti menunjuk pengganti yang bisa memulihkan kerusakan wibawa lembaga dimaksud.

Berita Terkait : Saat Pejabat Terpapar Covid

Setelah melalui masa-masa yang tidak mudah maka sejatinya terbuka mana yang punya skills di atas rata-rata dan mana yang di bawah rata-rata. Oleh karenanya jangan ragu bagi Jokowi untuk mengambil sikap tegas untuk ganti pemain yang punya rekam jejak yang excellent work. Ini agar target pertumbuhan tercapai.

Presiden beserta seluruh jajaran harus segera move on dari pandemi. Masa resesi ekonomi harus dilewati dengan baik. Sudah harus mulai mengerjakan real work dengan target-target pencapaian yang jelas.

Berita Terkait : OTT Penyuap Dan Yang Disuap

Sudah saatnya pemerintah bekerja dengan perencanaan. Tidak didikte dengan emergency situation. Semua rencana sudah memperhitungkan skenario terburuk. Jadi perencanaannya andal.

Oleh karena demikian maka, anggota tim yang tergabung ialah mereka yang memiliki sensitifitas dan sinergitas team work. Karena menyelesaikan persoalan bangsa ini perlu kekompakan. Kerja bareng dengan menjunjung prinsip sinergi dan kolaborasi.

Berita Terkait : Civil-Militer

Reshuffle kabinet merupakan opsi di akhir tahun yang bisa dilakukan. Dilakukan setelah Pilkada serentak. Jadi seperti momentum. Terpilih pemerintah baru di daerah lalu ada penyegaran di pemerintah pusat. Semoga ke depan makin joss saja.