BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RMco.id  Rakyat Merdeka - Munculnya upaya deklarasi Papua Merdeka jangan dianggap sepele. Sejati nya fenomena itu sinyal langit bahwa kita sebagai bangsa harus lebih serius mengurus Papua dengan segala kekayaannya. Cara mengurus Papua yang berpihak pada warga yang mendiami tanah Papua.

Papua itu Indonesia. Sudah saatnya merasakan ke-Indonesia-an. Merasakan kehadiran pemerintahan yang Adil. Merasakan getar persaudaraan kebangsaan.

Berita Terkait : Ironi Korupsi Bansos

Anak-anak Papua adalah anak bangsa. Sudah saatnya menemukan cara tepat dan mengena ke hati anak-anak bangsa di Papua tentang apa rasanya menjadi bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia. Perasaan ini penting. Ya, bagaimana rasanya menjadi bangsa Indonesia.

Yang bisa menghadirkan bagaimana rasa-nya menjadi seorang Indonesian tentu pemerintah dan saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Bagaimana kah caranya? Banyak cara, sesuai dengan peran politik dan sosial masing-masing.

Berita Terkait : Saat Pejabat Terpapar Covid

Pemerintah berkuasa benar-benar harus menjalankan politik dan ekonomi keberpihakan dan pemerataan. Keberpihakan kepada Papua itu harus jelas dan konkret serta dimengerti terlebih bisa dirasakan. Jangan hanya jargon tapi benar-benar tercerap oleh rasa orang Papua.

Pemerataan pembangunan dari dulu hanya sebatas janji kampanye. Berkali-kali harus ditegaskan bahwa Indonesia bukan cuma Jawa apalagi cuma Jakarta. Tapi seluas mata memandang ke Barat Timur Utara Selatan. Kue-kue pembangunan harus di sebar dan dirasakan.

Berita Terkait : Reshuffle Pasca Pilkada

Perlu nyali besar dalam mengimplementasi Papua sejahtera. Papua yang tak lagi membara karena mudah terbakar api emosi akibat akumulasi diskriminasi. Hadirkan Indonesia di Papua sekarang juga.

Saudara-saudara sesama Anak bangsa harus jadi bagian terpenting dalam keterlibatan menumbuhkan rasa keIndonesiaan. Raih dan jabat erat tangan saudara kita di Papua. Saatnya nge-bland maksimal. Semua demi terwujudnya cita Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.