UEFA Nations League

Ronaldo Hattrick, Portugal Masuk Final

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol menyingirkan Swiss di ajang UEFA Nations League, Kamis (6/6) dini hari WIB. (Foto : twitter@SelecaoPortugal)
Klik untuk perbesar
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol menyingirkan Swiss di ajang UEFA Nations League, Kamis (6/6) dini hari WIB. (Foto : twitter@SelecaoPortugal)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Aksi Cristiano Ronaldo menjadi sorotan di laga UEFA Nations League. Dia memborong tiga gol saat Portugal mengalahkan Swiss dengan skor 3-1 pada babak semifinal di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, Kamis dini hari WIB (6/6).

UEFA Nations League adalah liga internasional baru yang digelar oleh UEFA dengan peserta dari negara-negara Eropa. Liga ini rencananya akan dilangsungkan pada tahun 2018. Perhelatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola internasional dan mengurangi jumlah laga persahabatan yang dinilai tidak efektif untuk meningkatkan kualitas tim nasional negara Eropa.

Ronaldo mencetak gol pertamanya pada menit ke-25 lewat eksekusi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti usai dilanggar Fabian Schaar. 

Baca Juga : Persebaya Keberatan Soal Rencana PSSI Gelar TC Timnas Pada Maret 2020

Setelah itu, Portugal dan Swiss sama sama salibg serang. Kedua tim silih ganti menyerang namun tidak tercipta gol hingga peluit babak pertama dibunyikan.

Pada menit ke-53 dua insiden terjadi di dalam kotak penalti Portugal maupun Swiss secara berurutan. Wasit Felix Byrch awalnya memberikan hadiah penalti untuk Portugal atas pelanggaran Schaar terhadap Bernardo Silva.

Namun, ia kemudian meninjau tayangan ulang teknologi VAR dan membatalkan keputusan itu sebelum berbalik memberikan tendangan penalti untuk Swiss atas pelanggaran Nelson Semedo terhadap Steven Zuber.

Baca Juga : Menlu RI Hadiri Penandatanganan Kesepakatan Damai AS-Taliban

Kesempatan itu sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Ricardo Rodriguez yang membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-57 dengan menaklukkan kiper Rui Patricio dari titik putih.

Pertandingan terus berjalan berimbang hingga dua menit jelang waktu normal berakhir Portugal merestorasi keunggulan lewat gol kedua Ronaldo yang dengan tenang menyelesaikan umpan tarik kiriman Bernardo Silva untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Tepat pada menit terakhir waktu normal, Ronaldo melengkapi raihan trigolnya dengan ketenangannya menerima umpan kiriman Goncalo Guedes di tepian kotak penalti, mengecoh Manuel Akanji dan melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau Sommer.

Baca Juga : BNI Berikan Fasilitas Istimewa Buat Nasabah Emerald

Gol Ronaldo memastikan Portugal menang 3-1 atas Swiss dan melenggang ke final menantikan pemenang laga semifinal lain antara Belanda kontra Inggris yang bakal berlangsung di Stadion D. Alfonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Jumat (7/6) dini hari WIB. [IPL]