RMco.id  Rakyat Merdeka - Skuat Paraguay masih amburadul jelang laga perdana Copa Amerika 2019 melawan Qatar di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Brasil, Senin (17/6) dini hari nanti WIB.

Paraguay baru sekali menang dalam enam laga terakhir. Mereka menang 2-0 atas Guatemala di uji coba belum lama ini. Pelatih timnas Paraguay, Eduardo Berizzo mengakui, skuatnya masih miskin kreativitas dalam membangun serangan.

Baca Juga : Saran Menantu Wapres: Baiknya Ahok Perbaiki Pertamina dari Dalam, Jangan Bikin Gaduh

Permasalahan tersebut bahkan belum bisa teratasi karena beberapa kendala non teknis yang berdampak pada mental pemain. “Sudah banyak cara yang kami lakukan, tapi belum ada perkembangan. Kami harus bisa kembali tampil kompetitif. Apalagi Qatar adalah juara Piala Asia yang bermaterikan pemain muda tak kenal menyerah,” kata Berizzo dikutip Soccernews, kemarin.

Tapi Berizzo yakin, mengandalkan Miguel Almiron di lini tengah akan sedikit mengurangi permasalahan kreatifitas sekaligus mendongkrak performa Paraguay. Sebab, gelandang serang yang mampu mengangkat Newcastle United di Liga Primer tersebut memiliki visi bermain, kreativitas, dan ke- cepatan yang lebih baik di antara rekan-rekannya di Paraguay. “Tapi, masalah lainnya adalah, Almiron belum punya tandem. Dia butuh tandem yang cocok,” ujarnya.

Baca Juga : Kedudukan Pemimpin Perempuan (1)

Untuk sementara, tandemnya dipercayakan kepada Oscar Cardozo. Penyerang milik Club Libertad (Paraguay) itu sudah mencetak empat gol dalam 10 laga tahun ini. Dia juga pemain paling berpengalaman (53 caps) dan pencetak gol terbanyak (11) di timnas Paraguay saat ini.

“Tapi masalahnya, usia Cardoso kini sudah 36 tahun. Namun saya tetap yakin dia bisa menjadi kunci sukses di Piala Amerika ini,” paparnya.

Baca Juga : Dubes India Kumar Rawat Temui Sekjen DPR Bahas HUT Gandhi

Paraguay pastinya ingin lebih dulu menjebol gawang Qatar. Tapi jelas tak mudah. Sebab, pertahanan Qatar di bawah arahan pelatih Felix Sanchez Bas terbukti sangat solid. Dari delapan pertandingan sepanjang 2019, tujuh di antaranya di Piala Asia, Hassan Al-Haydos dkk tujuh kali menang dan hanya sekali kalah.

Kekalahan itu pun dari tim sekelas Brasil (0-2) pada uji coba terakhir, 5 Juni lalu. Dari delapan laga itu, Qatar mencetak 19 gol, hanya tiga kebobolan, dan mencetak enam clean sheet . Tahun ini, baru Jepang (satu gol) dan Brasil (dua) yang mampu membobol gawang Qatar. [DNU]