RMco.id  Rakyat Merdeka - Tuan rumah Brasil akan berhadapan dengan Paraguay di babak perempat final Copa America 2019, Jumat (28/6) pagi WIB. Duel akan digelar di Arena do Gremio, Porto Alegre. Selecao sangat difavoritkan menang.

Brasil memang salah satu kandidat juara. Mereka menunjukkannya dengan lolos tanpa terkalahkan dari Grup A, dan tanpa sekali pun kebobolan. Dua gol Philippe Coutinho dan satu gol Everton Soares membawa Brazil menang 3-0 atas Bolivia di pertandingan pembuka.

Tim Selecao kemudian mengalami antiklimaks dan imbang 0-0 melawan Venezuela, saat dua gol mereka melalui Gabriel Jesus dan Coutinho dianulir dengan VAR. Kelolosan tim besutan Tite dipastikan dengan kemenangan telak 5-0 atas Peru di laga pemungkas. Ketika Brasil menghabisi Peru, masing-masing satu gol diciptakan oleh Casemiro, Roberto Firmino, Everton, kapten Dani Alves, dan Willian.

Baca Juga : Trump Akui Ingin Bunuh Presiden Suriah Bashar al-Assad

Beda dengan Brazil, langkah berliku dilalui oleh Paraguay. Mereka lolos dari Grup B, yang dihuni Kolombia dan Argentina, dengan sedikit keberuntungan. Pada laga pertama, Paraguay cuma imbang 2-2 melawan tim undangan Qatar. Ironisnya, Paraguay sempat unggul 2-0 terlebih dahulu melalui penalti Oscar Cardozo dan gol Derlis Gonzalez namun kecolongan dua gol balasan Qatar.

Paraguay kembali membuang keunggulan di laga kedua, dan kali ini melawan Argentina. Pasukan Eduardo Berizzo memimpin lewat gol Richard Sanchez, sebelum Lionel Messi mencetak gol dari titik penalti untuk membawa Argentina menyamakan kedudukan.

Paraguay menyerah 0-1 lawan Kolombia di laga terakhir, tapi berhak melangkah ke perempat fi­nal sebagai satu dari dua peringkat terbaik bersama Peru.

Baca Juga : Didukung WHO, Indonesia Dapat Akses Vaksin Covid-19

Di atas kertas, Brasil unggul segalanya atas Paraguay. Melihat performa, kualitas skuad, keunggulan sebagai tuan rumah hingga catatan pertemuan, Selecao sepertinya takkan terhadang menuju semifinal, di mana mereka akan menghadapi salah satu dari Venezuela atau Argentina.

Brasil selaku tuan rumah juga percaya diri menyongsong delapan besar menghadapi Paraguay yang lolos setelah Jepang dan Ekuador hanya bermain imbang 1-1 kemarin. “Kami semua siap, kami banyak berlatih untuk menjadi starter, kami harus fokus, selalu mencari cara untuk meningkatkan diri dalam setiap pertandingan,” ujar top skor Brazil, Philippe Coutinho di AS.

Pelatih Paraguay Juan Osorio mencoba realistis. Baginya, Brasil memang lebih favorit. “Mungkin kami ingin seperti Venezuela yang bisa menahan imbang. Sekecil apapun, itu tetaplah peluang,” kata Osorio. [KW]