RMco.id  Rakyat Merdeka - Tim nasional Brasil akhirnya lolos ke babak semifinal Copa America 2019. Lewat adu penalti, tim Samba mengalahkan Paraguay di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brasil, Jumat (28/6) pagi WIB.

Brasil gagal meraih kemenangan meski Paraguay bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-58. Kedua tim bermain imbang sepanjang 90 menit pertandingan, sehingga pemenang pertandingan ditentukan lewat babak adu penalti. Khusus babak perempat final, jika kedua tim bermain imbang hingga waktu normal berakhir, maka pemenang ditentukan melalui babak adu penalti.

Baca Juga : Setelah Kesepakatan di Washington, Israel Gempur Gaza Lagi

Babak perpanjangan waktu baru akan berlaku pada babak semifinal dan babak final. Empat dari lima eksekutor Brasil sukses menjalankan tugasnya. Sementara itu, Paraguay menemui dua kegagalan dari lima kesempatan pada babak adu penalti.

Penendang pertama dan kelima Paraguay, Gustavo Gomez serta Derlis Gonzalez, gagal melakoni tugasnya, sehingga ketika algojo terakhir Brazil Gabriel Jesus melesakkan bola ke dalam gawang Tim Samba menang adu penalti dengan skor 4-3.

Baca Juga : Jakarta Cetak Rekor Baru Lagi, Duh Gusti Kapan Turunnya...

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, bertugas menjadi algojo keempat namun tembakannya yang sudah tak tertebak oleh kiper Roberto Fernandez malah melenceng dari sasaran. Beruntung bagi Firmino, Gonzalez yang menjadi penendang kelima Paraguay mengikuti jejaknya, menendang ke arah yang sama dan dengan jarak melenceng yang hampir sama, sehingga memberikan kesempatan Jesus memastikan langkah Brazil ke semifinal.

Hasil itu sekaligus mematahkan catatan buruk Brasil kontra Paraguay dalam dua pertemuan terakhir di Copa America yang selalu kalah lewat adu penalti.

Baca Juga : Top! Pupuk Indonesia Sabet The Most Promising Company Marketing 3.0

Di babak semifinal, Brasil akan menanti pemenang laga perempat final lain antara Venezuela kontra Argentina yang akan berlangsung pada Sabtu (29/6) dini hari WIB di Maracana, Rio de Janeiro. [IPL]