Menpora Siapkan Roadmap Mempercepat Peningkatan Prestasi Sepakbola

Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Klik untuk perbesar
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) RI, Zainudin Amali berencana membuat roadmap  atau panduan untuk mempercepat pembangunan sepakbola Indonesia.  Langkah ini dilakukan untuk menjawab keinginan Presiden Jokowi terkait meningkatkan prestasi sepakbola.

Agar tujuannya tercapai, ia meminta beberapa kementerian dan institusi lain agar turut membantu Kemenpora dalam merealisasikan roadmap tersebut.

Berita Terkait : Toyota Sudah Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Corona

Zainuddin menyampaikan, kementerian atau lembaga yang diharap membantu pihaknya adalah Kemenko PMK, Kemendagri, Kemendikbud, Kemenag, Kemenristekdikti, Kementerian BUMN, Kementerian Agraria, Kemenkeu, Kementerian PUPR, Kemenkes, Kementerian Perencanaan Pembangunan, Kapolri, para Gubernur, Bupati, dan Wali kota.

Zainudin mengatakan, Kemenpora diberikan mandat melalui Instruksi Presiden No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Berita Terkait : Soal Anggaran, Menpora Minta Jajarannya Kedepankan Prinsip Transparansi dan Akuntabel

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait Konsolidasi Percepatan Pencapaian Visi dan Misi Presiden, serta Sasaran dan Target Indikator Bidang PMK dalam RPJMN 2020-2024 di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (31/10).

Perintah langsung dari Presiden itu, lanjutnya, agar Kemenko PMK dan Kemenpora dapat segera menyusun roadmap Persepakbolaan Nasional paling lambat enam bulan setelah Inpres diterbitkan. Inpres No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional tidak hanya untuk Kemenpora saja melainkan bersama-sama dengan kementerian/lembaga terkait lainnya.

Berita Terkait : Menpora Harap Babel Cetak Karateka Berprestasi Internasional

"Kami simpulkan bahwa Kemenpora dan Kemenko PMK untuk segera menyelesaikan roadmap dimaksud dan roadmap ini nantinya akan dibagikan kepada kementerian/lembaga terkait," ujar Zainudin menambahkan. [IPL]