RMco.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan usai menahan imbang Korea Utara U-19 1-1 pada laga pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Minggu (10/11) malam.

Sejak menit-menit awal Indonesia langsung menggebrak dan mengambil inisiatif serangan. Namun, peluang baru didapatkan pada menit kelima. Saat Serdy Ephy Fano Boky menggiring bola ke kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang.

Namun, bola masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Korut, Sin Kwang Guk. Begitu pula pada menit 17 Fajar Fathurrahman kembali gagal mengoyak gawang lawan setelah sepakan kerasnya lagi-lagi mampu digagalkan kiper Korut.

Berita Terkait : Sun Life Indonesia Perkenalkan Produk Terbaru

Sebaliknya petaka menghampiri tim Merah Putih di menit 41. Kapten Korut, Kim Kwang Chong, mendapat bola di depan kotak penalti.

Posisinya yang bebas tanpa kawalan membuatnya leluasa melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau Ernando Ari Sutaryadi. Membuat Indonesia tertinggal 0-1 atas Korut di paruh pertama. Ketinggalan 0-1 membuat tim merah putih semakin agresif.

 

Berita Terkait : Raka Cahyana Siap Bersaing di Timnas Indonesia U-16

 

Permainan tempo tinggi diperagakan kedua tim di babak kedua. Terlebih, setelah Fakhri Husaini memasukkan Mochamad Supriadi untuk menambah daya gedor Garuda Nusantara. Bagus Kahfi hampir saja membuat publik Indonesia bersorak ketika melepaskan tembakan dari jarak dekat di menit 57.

Sayang, peluang tersebut digagalkan kaki pemain bertahan Korut. Tiga menit kemudian, Tim Merah Putih mendapatkan durian runtuh setelah wasit menunjuk titik putih.

Berita Terkait : Menag: Indonesia Tetap Berdiri di Belakang Perjuangan Palestina

Dia menilai Chae Yu Song melakukan pelanggaran pada Bagus Kahfi di kotak penalti. Bagus sendiri yang menjadi algojo. Dia menuntaskan peluang tersebut menjadi gol dan membawa Indonesia menyamakan kedudukan.

Berselang satu menit, Korut hampir saja mencetak gol kedua di laga ini. Barisan pertahanan Tim Merah Putih melakukan kesalahan dengan terlambat mengaktifkan jebakan off side. Beruntung, mereka dengan sigap menutup pergerakan pemain Korut dan membuang bola keluar kotak penalti.

Hingga berakhirnya pertandingan babak kedua. Kedua tim tidak mendapatkan peluang yang berbuah penalti. Skor 1-1 menjadi akhir dari duel ketat ini. [WUR]