RMco.id  Rakyat Merdeka - Jerman akan menghadapi Belarus pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020 grup C di Borussia Park, Ahad (17/11) dini hari. Kemenangan pada laga tersebut akan mendekatkan Jerman ke putaran final Euro 2020.

Pelatih Jerman Joachim Low akan memanfaatkan Timo Werner yang tampil sangat baik bersama klubnya RB Leipzig. Bomber andalan klub Jerman Tmur tersebut telah mencetak 15 gol dan tujuh assists di semua kompetisi musim ini.

Namun, bukan berarti timnas Jerman tak memiliki masalah. Pemain seperti Marco Reus, Kai Havertz, dan Niklas Stark mengalami cedera. Sesuai hasil pemindaian yang dilakukan pada Senin (11/11) waktu setempat, Havertz gelandang berusia 20 tahun itu dinyatakan mengalami cedera otot pada paha kirinya.

Berita Terkait : Ini Skuat Samba Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022

Cedera tersebut didapatnya saat membantu Bayer Leverkusen menang 2-0 atas VfL Wolfsburg di pekan ke-11 Bundesliga akhir pekan kemarin. Absennya Havertz yang disebut sebagai wonderkid Jerman mau tak mau membuat Loes terpaksa memanggil dua pemain muda mimim pengalaman, yakni Suat Serdar dan Nadiem Amiri.

Selain sektor tengah yang bermasalah, lini belakang Jerman juga keropos setelah ditinggal beberapa bek andalannya, seperti Thilo Kehrer, Antonio Rudiger, Marcel Halstenberg, dan kiper ketiga, Kevin Trapp yang musti menepi akibat cedera. Anak asuh Joachim Low sedang berada di posisi kedua dengan raihan 15 poin, kalah head-to-head dari Belanda.

Posisi Jerman masih belum aman karena masih memiliki selisih tiga poin dengan peringkat ketiga, Irlandia Utara. Hasil imbang atau kekalahan akan mengancam posisi Jerman dari putaran final Euro 2020.

Baca Juga : Gibran Didapuk Jadi Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna

Sebelumnya Jerman meraih hasil positif saat menghadapi Estonia dalam lanjutan Grup C, Oktober lalu. Pasukan Joachim Low menang meyakinkan 3-0. Jerman meraih tiga poin sekaligus menempel Timnas Belanda yang berada di posisi puncak klasemen sementara Grup C. “Dengan semua cedera dan segalanya. Kami tetap tenang dan mencetak gol, jadi kami senang,” ujar Low.

Reus kembali bernasib sial mengalami cedera dan harus absen dari timnas Jerman saat negaranya menghadapi momen krusial. Jika ingin lolos pada matchday ini, timnas Jerman harus mengalahkan Belarusia dan Irlandia Utara tak mengalahkan Belanda.

Bisa juga dengan hasil seri melawan Belarusia asal Irlandia Utara kalah. Sedang tajam dengan sudah membuat lima gol di Bundesliga, Marco Reus sebetulnya dipanggil ke timnas Jerman. Akan tetapi, dia akhirnya harus dicoret karena mengalami cedera engkel.

Baca Juga : Pilkada 2020, Dua Daerah Jawa Timur Lawan Kotak Kosong

DFB dan Borussia Dortmund sepakat Reus harus tetap di klub untuk menjalani perawatan. Reus memiliki sejarah bernasib sial jika bicara partisipasinya timnas Jerman. Cedera juga membuat kapten Borrusia Dortmund ini gagal tampil di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016. [KW]