Timnas Indonesia Menyerah pada Malaysia 0-2 di Bukit Jalil

Klik untuk perbesar
Tampak pemain Timnas Indonesia Greg Nwokolo (kaos putih) memainkan bola saat melawan tim Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (19/11) malam. (Foto: PSSI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia menelan kekalahan kelimanya di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kali ini tim asuhan Yeyen Tumena harus menyerah 0-2 di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11).

Indonesia tampil menekan di awal menit pertama. Di menit ke-4 mereka hampir mencetak gol pembuka melalui Greg Nwokolo setelah menerima umpan dari Septian David Maulana, tapi sepakannya masih bisa diantisipasi pemain belakang Malaysia.

Peluang juga didapat di menit ke-10 Indonesia mendapatkan peluang dari Bayu Pradana, Febri Haryadi, dan Teuku Muhammad Ichsan tapi tak satu pun yang membuahkan gol.

Malaysia mendapatkan peluang di menit ke-11. Berawal dari tendangan pojok yang dilepaskan oleh Safawi Rasid, namun mampu diantisipasi oleh kiper Indonesia, M Ridho.

Berita Terkait : Dihajar Vietnam 0-3, Garuda Muda Harus Puas Raih Perak

Indonesia nyaris mencuri keunggulan di menit ke-20. Febri Haryadi mendapat peluang terbuka untuk mencetak gol. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Malaysia, pemain Persib itu gagal memasukan bola ke dalam gawang usai tembakannya mampu di blo Kairulahzan.

Malaysia akhir mampu membuka keunggulan terlebih dahulu saat laga memasuki menit ke-28. Tendangan bebas yang dilesatkan Safawi melengkung masuk ke sisi kiri gawang M Ridho.

Skor 1-0. Delapan menit menjelang turun minum Indonesia nyaris menyamakan kedudukan. Sundulan Otavio Dutra ke depan gawang Malaysia, gagal dimaksimalkan menjadi gol oleh penyerang Indonesia. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, tim Merah Putih tampil lebih menekan. Sejumlah pemain dengan tipikal menyerang dipercaya tampil seperti Osas Saha dan Dendi Santoso.

Berita Terkait : Pekan Film Indonesia Hangatkan Belanda

Berulangkali mereka memberikan tekanan, di menit ke-60 Bayu Pradana melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti tapi masih bisa diamankan. Asyik menyerang, Indonesia kembali memungut bola di gawangnya di menit ke-72.

Yanto Basna lagi-lagi melakukan kesalahan fatal, di pinggir lapangan dia berniat untuk menjauhi bola dari lawan, tapi Safawi Rasid bisa mencuri bola dan sepakan kerasnya kembali bersarang di gawang Muhammad Ridho.

Tim tamu mendapat kesempatan emas untuk memangkas jarak melalui titik putih di menit ke-82. Namun dewi fortuna tidak mendampingi Indonesia, Osas Saha yang dipercaya sebagai algojo gagal mencetak gol.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta, skor 2-0 untuk Malaysia menjadi skor akhir di laga tersebut. Atas kemenangan ini, Indonesia makin terpuruk di dasar klasemen Grup G dengan nihil poin dari lima laga sedangkan Harimau Malaya sementara ada di posisi ke-2 klasemen dengan 9 poin dari lima laga. [WUR]

Berita Terkait : Indonesia Hajar Myanmar 4-2, Garuda Lolos ke Final

Susunan Pemain Malaysia:

Khairulahzan (Farizal Marlias), Shahrul Mohd Saad, Corbin Ong Lawrence, Mohamad Aidil Zafuan, Muhammad Syahmi Safari, Muhamad Nor Azam, Mohamed Syamer Kutty, Brendan Gan, Muhammad Akhyar Rashid, Muhammad Safawi Rashid, Mohamadou Sumareh

Pemain Indonesia:

M Ridho, Otavio Dutra, Ricky Fajrin, Yanto Basna, Gavin Kwan, Bayu Pradana, Teuku Ichsan, Hendro Siswanto, Septian David, Febri Haryadi, Greg Nwokolo