SEA Games 2019

Timnas Indonesia U-22 Nyerah Pada Vietnam 1-2

Pertandingan Timnas U-22 Indonesia (seragam putih) melawan Vietnam 1-2 di laga matchday3 Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/). (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Pertandingan Timnas U-22 Indonesia (seragam putih) melawan Vietnam 1-2 di laga matchday3 Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Timnas U-22 Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam 1-2 pada laga matchday3 Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12) malam WIB.

Pertandingannya sendiri berlangsung sangat ketat di awal-awal babak pertama. Kedua tim saling serang. Sektor tengah menjadi kunci serangan buat kedua tim.

Saking ketatnya Aliran para pemain kedua tim tak ragu untuk melakukan pelanggaran. Hingga menit ke-15, baik Indonesia maupun Vietnam belum mendapat peluang yang benar-benar membahayakan gawang lawan.

Baru pada menit ke-22, Timnas Indonesia U-22 mampu memecah kebuntuannya.Gol tersebut bermula dari crossing fullback Asnawi Mangkualam dari sisi kanan menuju daerah pertahanan Vietnam.

Berita Terkait : PSSI Pilih Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Kiper Vietnam memaksa keluar menangkap bola namun terlepas. Gelandang Timnas Indonesia U-22, Sani Rizki Fauzi yang berdiri bebas dengan leluasa mencocor bola liar di mulut gawang Vietnam untuk menjadi gol.

Enam menit kemudian Garuda Muda - julukan Timnas Indonesia U-22, hampir menggandakan keunggulan mereka. Tapi sayang sundulan Zahrul Irkham Mila setelah menerima umpan Alekvan Dodi Djin masih melenceng dari sasaran.

Tertinggal 0-1, Vietnam mencoba menekan pertahanan Indonesia. Namun, belum ada peluang emas yang bisa dikonversikan menjadi gol bagi tim asuhan Park Hang-Seo.

Memasuki menit ke-35, Indonesia terus mendapat tekanan. Bagas Adi Nugroho dan kolega terus dipaksa main bertahan dan praktis hanya bisa mengandalkan serangan-serangan balik. Hingga babak pertama usai kedudukan masih 1-0 untuk Indonesia.

Berita Terkait : APG 2020, Indonesia Siap Juara Umum

Setelah turun minum, Vietnam melakukan langsung menggebrak dan lebih agresif. Sedangkan Indonesia tetap tampil disiplin dalam upayanya menjaga keunggulan.

Alhasil Vietnam berhasil menyamakan kedudukan pada menit 64 melalui situasi sepak pojok. Sundulan Nguyen Thanh Chung berhasil merobek gawang Nadeo Argawinata.

Dalam waktu yang tersisa, Indonesia terus mendapat tekanan deras dari pemain Vietnam. Namun, sejumlah peluang berbahaya yang dimiliki Vietnam masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Indonesia.

Menit 85, Vietnam mempunyai kesempatan emas melalui Nguyen Quang Hai. Akan tetapi, usaha kapten Vietnam U-22 itu belum bisa merepotkan kiper Indonesia.

Berita Terkait : Timnas Indonesia U-22 Dukung Indra Sjafri Tetap Jadi Pelatih

Petaka itu datang pada injury time. Tendangan terukur Nguyen Hoang Duc sukses meluncur mulus ke dalam gawang Indonesia. Di sisa waktu yang ada, Indonesia tak mampu membalas gol dari Vietnam.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan berbunyi, Indonesia dipaksa menyerah dengan skor 1-2.

Sementara itu, di laga lain Grup B, Thailand berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 3-0. Dan, Laos sukses membungkam Brunei dengan skor 3-0.

Atas hasil tersebut, Vietnam tetap kokoh di puncak klasemen sementara Grup B dengan koleksi 9 poin. Sedangkan Indonesia harus ke posisi ketiga karena kalah selisih gol dari Thailand meski memiliki poin sama-sama enam. [WUR]