RMco.id  Rakyat Merdeka - Senin (2/12), atlet asal Sumatera Selatan, Jauhari Johan berhasil meraup emas dan perunggu untuk Indonesia di ajang SEA Games 2019, Manila. 
Emas diraih setelah Jauhari berhasil mendapatkan posisi tercepat dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 51 detik dalam nomor perorangan duathlon (lari 10 km-sepeda 40 km-lari 5 km), mengalahkan pesaing terberatnya dari Filipina, Delos Reyes Joey yang finis di urutan ke 2. 
Berikutnya,  pada nomor mixed relay triathlon, Jauhari Johan bersama Eva Desiana, Ahlul Firman, dan Nethavani Octaria menutup pertandingan dengan medali perunggu. 

Baca Juga : Pilkada Solo, Banteng Jagokan Gibran-Teguh

“Saya sangat bersyukur bisa tampil prima dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Latihan dan persiapan yang telah kami lakukan berbuah baik. Saya sangat senang bisa mencapai target dan menyumbangkan emas untuk Indonesia” kata Jauhari. 

Baca Juga : Menaker Ida Fauziyah Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN

Timnas Triathlon, atas dukungan komunitas dan organisasi triathlon Indonesia berangkat 1 minggu lebih awal dari jadwal pertandingan, memungkinkan mereka mencoba arena dan menyesuaikan diri terlebih dahulu. 

Baca Juga : Bukan Djoko Tjandra, Yang Tes Corona di Pusdokkes Polri

Sebelumnya Jauhari Johan sudah pernah mengikuti SEA Games untuk cabang olahraga lari dengan perolehan medali tertinggi adalah perak. Ini adalah emas pertama yang berhasil diraih Jauhari Johan setelah 12 tahun berkecimpung di dunia lari dan triathlon. [KRS]