RMco.id  Rakyat Merdeka - Harapan Presiden Joko Widodo agar kontingen Indonesia meraih posisi kedua SEA Games 2019 mulai ada titik terang. Medali emas yang diraih atlet Indonesia kini sudah 64.

Sampai Minggu (8/12), pukul 16.00 waktu setempat, Indonesia sudah mengumpulkan 64 medali emas, 59 medali perak dan 75 medali perunggu.

Baca Juga : Bamsoet: Ini Bukti Solidaritas dan Gotong Royong Anak Bangsa

Hasil ini menempatkan Indonesia kokoh di posisi kedua klasemen perolehan medali sementara SEA Games 2019. Vietnam yang menjadi pesaing berat di peringkat ketiga dengan selisih sepuluh medali emas.

Sebelumnya Jokowi minta Indonesia bisa jadi runner up SEA Games. Kalkulasinya atlet Indonesia bisa meraih medali emas di atas 60. Angka ini jauh dari estimasi Kemenpora dan KONI yang hanya berani mematok medali 45-50 medali emas.

Baca Juga : Kasus Baru Nambah 1.752, Terbanyak di DKI

"Saya minta di SEA Games ke-30 di Filipina tahun ini kita harus masuk ke rangking 2 besar,” kata Jokowi saat melepas 841 atlet Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games Filipina, di Istana Negara, Rabu (27/11) lalu.

Kokohnya posisi Indonesia tak lepas dari capaian atlet yang berhasil melebihi targetnya. Menembak misalnya, hanya ditarget empat medali emas, cabor ini meraih tujuh medali

Baca Juga : Azis Syamsuddin Bantah Tolak Tanda Tangani Surat Dari Komisi III DPR

Selain itu, cabang olahraga dayung yang menuai prestasi luar biasa pada SEA Games 2019 setelah meraih 10 medali emas dari 19 nomor yang diperlombakan yang meliputi Kano, Kayak, Rowing dan Perahu Tradisional (TBR). Padahal dayung hanya ditarget empat medali. [IPL]