RMco.id  Rakyat Merdeka - Persib Bandung memastikan diri menjadi juara Liga 1 Putri 2019. Persib juara setelah berhasil menaklukkan Tira Persikabo Kartini pada leg kedua final, skor 3-1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (28/12) petang.

Tiga gol Persib Putri dicetak oleh Nurul Inayah (14'), Febriana Kusumaningrum (33'), dan Reva Oktaviani (64'). Sementara 1 gol Tira Persikabo Putri dilesatkan Risda pada menit ke-39.

Dengan kemenangan 1-3 tersebut, Persib Putri mengukuhkan gelar juara Liga 1 Putri 2019 dengan meyakinkan. Pasalnya pada leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (22/12), Persib Putri yang dilatih oleh Iwan Bastian juga menang meyakinkan 3-0.

Berita Terkait : Besok, Persija Siap Hadang PS Tira Persikabo

Dengan demikian, Persib berhasil mengungguli Tira Kabo dengan agregat skor 6-1, dalam dua leg final. Mengingat, pada leg pertama di kandang sendiri Persib menang tiga gol tanpa balas.

Pada leg kedua, pertandingan berjalan sangat ketat. Tira Kabo yang memberikan tekanan di awal pertandingan, justru kebobolan lebih dulu lewat gol Siti Latipah Nurul Inayah pada menit ke-14.

Tertinggal satu gol, para pemain Tira Kabo coba tampil lebih menekan, namun upaya mereka mampu diredam dengan cukup baik oleh para pemain Persib. Bahkan, Persib berhasil menambah keunggulan pada menit ke-33, melalui tendangan penalti Febriana Kusumaningrum.

Berita Terkait : Pengajuan Rehabilitasi Jamal `Preman Pensiun`Masih Dikaji Polrestabes Bandung

Makin tertinggal, para pemain Tira Kabo tidak menyerah. Hingga akhirnya, Risda Yulianti berhasil memperkecil kedudukan lewat tendangan bebasnya pada menit ke-39. Skor pun berubah 2-1, masih untuk keunggulan tim tamu.

Persib Putri balas menekan. Risqi Yanti nyaris menambah keunggulan andai sundulannya pada menit ke-38 tidak menyamping di sisi kiri gawang Tira Persikabo

Serangan bergelombang Persib Putri membuahkan hasil. Reva mampu menjauhkan skor menjadi 3-1 pada menit ke-64. Tendangan keras Reva dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung oleh kiper Tira Persikabo. 

Baca Juga : Pilkada Tak Boleh Ancam Jiwa Dan Perkembangan Anak

Unggul 3-1 membuat Persib Putri semakin nyaman memainkan bola. Permainan sentuhan dari kaki ke kaki diperagakan skuad asuhan Iwan Bastian.

 Perubahan skema lalu dilakukan oleh Ibas di menit-menit terakhir. Pemain bertipikal bertahan, Desy Amelia dimasukan mengganti Mila Nur Karmila di menit ke-80. 

Tira Persikabo terus melakukan percobaan. Namun, ketangguhan barisan pertahanan Persib Putri membuat skor 3-1 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. [WUR]