Keok di Piala Super Spanyol, Barca Pecat Valverde

Ernesto Valverde. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ernesto Valverde. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ernesto Valverde akhirnya resmi dipecat Barcelona. Petinggi klub Catalan itu menganggap Valverde gagal menjadi pelatih.

Lewat situs resmi klub, manajemen Los Azulgranas mengumumkan pemecatan mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut. "FC Barcelona dan Ernesto Valverde sudah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak yang sebelumnya menyatukan kedua belah pihak," bunyi pernyataan Barcelona.

Berita Terkait : Vidal Kartu Merah, Barca Imbangi Napoli

Kabar pemecatan Valverde sudah santer terdengar beberapa pekan lalu. Bahkan nama Xavi Fernandez disebut-sebut akan menggantikan Valverde. Namun Barca belum mengumumkan secara resmi siapa pengganti Valverde.

Meskipun tengah berada di puncak klasemen, catatan statistik Barcelona tak istimewa. Hingga pekan ke-19, Barcelona sudah menelan tiga kekalahan, empat hasil seri, dan meraih 12 kemenangan. Di Liga Champions, Barcelona juga berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Berita Terkait : Ogah Pindah, Messi Masih Ngarep Neymar ke Barcelona

Namun kegagalan di Piala Super Spanyol jadi sebabnya. Barcelona menelan kekalahan usai melewati laga dramatis melawan Atletico Madrid di babak semifinal. Sempat unggul dua gol, Barcelona akhirnya menyerah 2-3 dari Atletico dalam duel yang digelar di King Abdullah Sports City, Jedah, Arab Saudi.

Valverde sebelumnya ditunjuk menjadi juru taktik Barcelona pada 2017 lalu. Hampir tiga musim menjadi nahkoda Blaugrana, Valverde hanya mampu mendaratkan empat gelar domestik, dua gelar LaLiga, satu gelar Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyo. [IPL]