Untung Rp 12,8 Triliun, Barca Klub Paling Tajir Sejagat

Lionel Messi dan para pemain Barcelona. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Lionel Messi dan para pemain Barcelona. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Barcelona ditasbihkan sebagai klub paling tajir sejagat tahun 2019. Pendapatnya di musim 2019 sebesar 840 juta euro atau sekitar Rp 12,8 triliun. Real Madrid dan Manchester United di posisi kedua dan ketiga.

Peringkat pendapatan klub dilakukan oleh Deloitte Football Money League. Sebanyak 20 klub Eropa diurut berdasarkan jumlah pendapatan, namun tidak termasuk biaya trasfer.

Berita Terkait : Jarang Turun, Nasib Kepa Tak Jelas

Bagi Barcelona, ini adalah kali ketiga dinobatkan klub terkaya. Pendapatannya naik 11 persen dari tahun sebelumnya.

Real Madrid di posisi kedua dengan pendapatan 757,3 juta euro atau Rp 11,5 triliun. Sementara Manchester United tetap di urutan ketiga dengan 610 juta euro atau Rp 9,3 triliun.

Berita Terkait : Vidal Kartu Merah, Barca Imbangi Napoli

Bayern Munchen tetap di posisi keempat dan Paris St Germain masuk lima besar unggul di depan Manchester City. Juara Liga Champions, Liverpool berada di urutan ketujuh, satu peringkat di atas Tottenham Hotspur yang mereka kalahkan di final.

Dengan pendapatan sebesar 521,1 juta euro (83 triliun rupiah) Tottenham membuat mereka unggul dari Chelsea dan Arsenal, menjadikan mereka klub dengan penghasilan tertinggi di London untuk pertama kalinya sejak 1996-97. [IPL]