PON XX di Papua Akan Pererat Persatuan Bangsa 

Klemen Tinal (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Klemen Tinal (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemprov Papua menegaskan komitmennya menyukseskan pelaksanaan seluruh cabang olahraga dalam PON XX tahun 2020. Semua pertandingan akan digelar di Papua.      

"Pelaksanaan seluruh cabang olahraga atau PON XX tahun 2020 akan berlangsung di Bumi Cenderawasih Papua. Tidak ada di provinsi lain," kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, Jumat (24/1).      

Berita Terkait : Jelang PON, Panitia Pasarkan Kerajinan Tradisional Khas Papua

Klemen menambahkan, pada saat rapat pembahasan persiapan pelaksanaan PON XX dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, pekan lalu, sempat wacana kalau Jawa Timur siap menjadi tuan rumah dari 11 cabang olahraga. Namun, pihaknya menolak wacana itu.      

"Saya tegaskan wacana ini tidak ada. PON XX hanya akan berlangsung di Provinsi Papua, dan bukan di tempat lain," tegasnya. Klemen menegaskan, jika nantinya ada cabang olahraga yang sudah dicoret tapi dipertandingkan di provinsi lain, maka itu bukanlah bagian dari ajang PON XX 2020.      

Berita Terkait : PON 2020 Hanya Digelar di Papua

Dia optimistis, pelaksanaan PON XX di Papua tidak sekedar perhelatan olahraga nasional. Tapi juga ajang mempersatukan seluruh elemen bangsa.      

"Jika mengutip penjelasan Bapak Presiden Jokowi bahwa semangat dari penyelenggaraan PON di Papua bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga semata. Tetapi yang paling penting juga arena di mana kita bersama memperkuat jalinan persaudaraan, jalinan persatuan dan solidaritas antardaerah, dan sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa Tanah Papua banyak lahir talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga," ujarnya.      

Berita Terkait : Mendagri Kerahkan 8 Ribu Personil Gabungan TNI dan Polri

Klemen lalu mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya masyarakat Papua, agar memanfaatkan waktu yang tersisa untuk ikut mempersiapkan pelaksanaan dengan sebaik-baiknya. "Mari kita bersatu dan bersama-sama untuk mensukseskan PON XX di Bumi Cenderwasih," pungkasnya. [FAQ]