Ada Campur Tangan Shin Tae-Yong dalam Skuad Timnas U-16 Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. (Foto: PSSI)
Klik untuk perbesar
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. (Foto: PSSI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kedatangan Shin Tae Yong ke Indonesia untuk menjadi pelatih manajer Tim Nasional Indonesia, membawa pengaruh positif.

Setidaknya, hal itu dirasakan juga oleh TImnas U-16, yang diungkapkan secara langsung oleh pelatih kepalanya, Bima Sakti, saat pemusatan latihan di Sidoarjo, Senin (27/1).

Terbukti sejak berkoordinasi dan setelah melakukan apa yang dianjurkan oleh Shin Tae Yong, dia melihat timnya mampu menunjukkan perkembangan positif. Hasilnya terlihat jelas saat mengalahkan kampiun Soeratin U-17 PSBK Blitar.

Berita Terkait : Persita Tangerang Kalahkan Timnas Indonesia dalam Laga Uji Coba

Saat melakukan uji coba dua hari yang lalu, timnas Indonesia U16 mampu meraih kemenangan dengan skor 5-1.

Tak hanya sampai di situ, Bima mengakui jika hampir semua aspek yang dibutuhkan dalam sepak bola, anak asuhnya nampak mengalami perubahan yang signifikan.

“Tim mengandalkan kecepatan, kekuatan, dan juga determinasi tinggi. Kini sudah ada progres positif yang ditunjukan anak-anak,” ungkap Bima.

Berita Terkait : Ini Alasan Bima Sakti Pilih Yogyakarta Jadi Tempat Latihan Timnas U-16

Kendati demikian, Bima mengaku tidak berpuas diri dengan hasil yang ditorehkan anak asuhnya. “Usia U16 fisiknya berbeda, kami diberikan kesempatan Shin Tae Yong turun ke bawah,” ujarnya.

“Dia memberikan informasi yang positif buat kami dan juga pelatih fisik, sehingga diatur sedemikian rupa,” tambah Bima. Alhasil saran dan kritik yang diberikan cukup banyak mengena bagi tim pelatih.

“Yang menjadi filosofi taktik coach Shin, hampir sama 4-3-3, khas bertahan 4-1-1,“ ucapnya.

Berita Terkait : Latihan Hari Ketiga, 2 Pemain Anyar Ikut Gabung Timnas Indonesia

Diakui oleh Bima jika masukan dari sang pelatih mampu membuahkan hasil bagi timnya. Mereka pun tidak dapat santai, pasalnya tim ini dipersiapkan untuk menjalani turnamen akbar di Piala Asia U-16 yang akan berlangsung September 2020 nanti. [WUR]