Turnamen Timnas Indonesia di 2020, Ini Jadwalnya

Foto: Istimewa
Klik untuk perbesar
Foto: Istimewa

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tim Nasional Indonesia akan menjalani berbagai turnamen pada tahun 2020 ini. Timnas Indonesia pada tahun ini terdiri dari Timnas Senior Putra, Timnas Putra U-22, Timnas Putra U-19, Timnas Putra U-16, Timnas Senior Putri, Timnas Putri U-19, Timnas Putri U-16,  dan Timnas Beach Soccer. 

Timnas Senior Putra akan mengikuti laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia. Selain itu mengikuti ajang Piala AFF Suzuki 2020, enam kali laga FIFA Friendly Match (dalam dan luar negeri).

Lalu program enam kali pemusatan latihan masing-masing 14 hari dalam  setiap periode FIFA match day (menyesuaikan periodesasi yang akan dibuat pelatih). Dan akan ada koordinasi antar pelatih tim nasional, pihak klub, dan PSSI.

Untuk target Timnas Senior Putra yakni menembus ranking 150 FIFA, finalis Piala AFF 2020 dan menyelesaikan tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan hasil positif. 

Berita Terkait : Ranking FIFA Februari 2020: Indonesia Dibayangi Malaysia

Sementara Timnas U-22 meski tidak ada kalender internasional di tahun 2020 namun berbagai program akan dijalankan di tahun ini. Program tersebut adalah persiapan Kualifikasi AFC U-23 yang akan diadakan tahun 2021, mengikuti Piala AFC U-23 2022, SEA Games 2021.

Lalu empat kali TC masing-masing 14 hari dalam setiap periode FIFA Match Day (menyesuaikan periodisasi yang akan dibuat pelatih). Koordinasi antar pelatih tim nasional, klub dan PSSI.

Untuk Timnas Putra U-19 akan mengikuti program Piala AFF U-19 di Indonesia dan AFC U-19 di Uzbekistan tahun ini. Akan dilakukan TC secara berkala yang sudah dimulai dari bulan Januari ini hingga turnamen tersebut dilakukan.

PSSI menargetkan Timnas U-19 meraih juara Piala AFF U-19 dan menembus babak semi final Piala AFC U-19 2020.  Sama dengan Timnas U-19, untuk Timnas Putra U-16  akan mengikuti Piala AFF U-16 di Indonesia dan Piala AFC U-16 di Bahrain. 

Berita Terkait : Erick Thohir Bakal Rombak Manajemen Pupuk Indonesia

Sementara Timnas Nasional Senior Putri akan mengikuti program Piala AFF Women 2020 dan beberapa laga FIFA Match Day.

Untuk itu akan dilakukan TC secara berkala hingga event tersebut agar dapat lolos babak penyisihan Piala AFF Women dan peringkat FIFA naik ke ranking 50.

Selain itu terdapat juga Timnas Putri U-19 dan U-16. Keduanya akan mengikuti Piala AFF Girls U-19 dan U-16 serta berbagai program uji coba dan pemusatan latihan.

Mereka ditarget dapat meraih hasil positif di ajang Piala AFF Girls U-19 dan U-16.  Dan ada Timnas Beach Soccer yang akan diadakan program enam kali seleksi dan pemusatan latihan di dalam negeri.

Berita Terkait : Persita Tangerang Kalahkan Timnas Indonesia dalam Laga Uji Coba

Selain itu mengikuti Piala AFF Beach Soccer 2020 dan uji coba dalam dan luar negeri. Timnas Beach Soccer ditarget menembus semi final Piala AFF Beach Soccer 2020. [WUR]