RMco.id  Rakyat Merdeka - Tottenham Hotspur bakal menjamu RB Leipzig di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (20/2) dini hari nanti WIB. The Lillywhites dalam performa positif di kompetisi domestik Spurs dalam 7 laga terakhir tidak pernah tumbang, bahkan meraih lima kemenangan.

Dalam kurun waktu tersebut, Son Heung-Min dan rekan-rekan hanya sekali gagal mencetak gol, yakni saat bermain kacamata melawan Watford. Akan tetapi, laga melawan Watford juga menjadi satu- satunya pertandingan kala anak asuh Jose Mourinho tak kebobolan.

Artinya, lini belakang Tottenham tergolong rentan. Kondisi ini jelas menjadi peringatan tersendiri bagi Spurs mengingat RB Leipzig memiliki produktivitas gol yang cukup baik.

Berita Terkait : Spurs vs Leicester City, The Foxes Pincang

Namun ada kendala. Tottenham Hotspur dipastikan tanpa diperkuat penyerang sayap Son Heung-min kala menjamu RB Leipzig.

Laman resmi Tottenham mengumumkan pemain asal Korea Selatan itu harus menepi selama beberapa pekan setelah ia harus menjalani operasi di lengan kanannya.

Operasi tersebut ditempuh Son karena cedera yang dialaminya saat membantu Tottenham menang dramatis 3-2 atas Aston Villa dalam laga pekan ke-26 Liga Inggris di Villa Park, Birmingham, akhir pekan lalu.

Baca Juga : Rusak Lingkungan, KAMI Minta Anies Batalkan Reklamasi Ancol

Di lain pihak, penyerang RB Leipzig, Timo Werner, mengaku tak gentar dengan catatan impresif yang dibuat oleh Spurs dalam beberapa laga terkini. Ia yakin timnya mampu mengimbangi permainan finalis Liga Champions musim lalu tersebut.

“Tottenham adalah tim papan atas dengan pelatih yang sangat bagus. Tentu ini akan menjadi pertandingan yang menarik, karena kami telah menunjukkan di fase grup bahwa kami mampu mengimbangi semua lawan,” kata Timo Werner, dikutip situs web resmi RB Leipzig.

Dalam 5 laga terakhir di semua kompetisi, Tottenham mampu menciptakan 11 gol. 6 di antaranya tercatat dikemas pada dua pertandingan pemungkas. Di sisi lain, setelah serangkaian hasil buruk, RB Leipzig bisa menang 3-0 atas Werder Bremen di Bundesliga pada Sabtu (15/2).

Baca Juga : Ridwan Kamil Resmikan Masjid Al-Jabar Majalengka

Tottenham memiliki rerata penguasaan bola sebesar 51 persen per laga di Liga Champions. Angka itu berada di bawah rata-rata penguasaan bola yang dibuat tim tamu yang mencapai 57 persen. Leipzig juga unggul dalam hal menciptakan peluang yang mencapai 17 peluang per laga, berbanding 13 milik tuan rumah.

Akan tetapi, bicara produktivitas gol Son Heung-Min dan rekan- rekan lebih baik. Mereka mampu tampil efektif dengan menciptakan 18 gol sepanjang fase grup, sementara Timo Werner dan kolega hanya mencetak 10 gol, meski punya peluang yang lebih banyak. [KW]