PSSI Tambah Peralatan Hingga Jaminan Asuransi Perangkat Pertandingan

Foto: Istimewa
Klik untuk perbesar
Foto: Istimewa

RMco.id  Rakyat Merdeka - PSSI melakukan terobosan dengan menambahkan alat komunikasi, vanishing spray, dan asuransi kepada perangkat pertandingan untuk kompetisi Shopee Liga 1 2020.  Alat-alat ini berguna untuk membantu komunikasi para wasit dan asistennya untuk mengambil keputusan. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mengapresiasi atas tersedianya alat-alat yang membantu perangkat pertandingan dalam bertugas ini. Ia menyatakan selain alat, asuransi ini sangat bermanfaat untuk para wasit yang akan mendapat tugas di kompetisi Liga 1 2020 yang akan dimulai 29 Februari mendatang. 

"Peran wasit dan asisten wasit di sebuah pertandingan sangat penting. Untuk itu, dengan adanya alat ini wasit dan asisten wasit dapat semakin tepat mengambil keputusan. Dan mereka harus berintegritas serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Iriawan. 

Berita Terkait : Ketum PSSI Minta Satgas Antimafia Bola Kawal Timnas Indonesia

"Wasit adalah tokoh utama dalam menjaga sepak bola Indonesia. Ketegasan dan keberanian yang benar dari wasit dalam menegakkan laws of the game di lapangan adalah kunci menuju sepak bola Indonesia yang berintegritas," tambahnya.

Alat komunikasi berguna untuk:
-Sarana komunikasi antara ke empat perangkat pertandingan (wasit, asisten wasit 1, asisten wasit 2, dan fourth official) dalam memimpin jalannya pertandingan. 

-Memudahkan wasit untuk dapat berkoordinasi dengan kedua asisten dan juga fourth official. Asisten wasit akan dapat membantu wasit dalam melihat dan mempertimbangkan terjadinya pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit. 
Asisten wasit dapat lebih cepat berkoordinasi dengan wasit dalam pengambilan keputusan seperti off side ataupun pelanggaran yang terjadi di area yang lebih dekat dengan asisten wasit ketimbang wasit.

Berita Terkait : Kompetisi Liga 1 Resmi Diluncurkan

-Pemberian sanksi kepada pemain akan jauh lebih terkoordinasi antara wasit dan asisten wasit tanpa membuang waktu. Fourth offisial dapat lebih terbantu untuk berkoordinasi dengan wasit dalam hal-hal yang terjadi di dalam area teknik yang merupakan bagian dari fourth ofisial.

-Para perangkat terbantu dalam manajemen waktu pertandingan yakni saat istirahat, penambahan waktu maupun waktu berakhir karena dapat saling berkomunikasi dan juga saling mengingatkan.

-Alat komunikasi sebagai tuntutan keahlian wasit PSSI dalam menggunakan teknologi yang ada dan juga dalam persiapan menggunakan VAR pada waktu yang akan datang.

Berita Terkait : Ini Kata Ketum PSSI Soal Timnas Indonesia Dikalahkan Persita 1-4

-Pelatihan penggunaan alat komunikasi dilakukan pada saat seleksi dan workshop wasit serta asisten wasit Liga 1 2020 di Cilodong pada pekan lalu.
-Penyesuaian dan juga pengawasan Departemen Wasit PSSI terhadap perangkat komunikasi akan selalu di review untuk menjaga kemaksimalan dalam penggunaan dan mencegah terjadinya gangguan di lapangan saat pertandingan. [WUR]