RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap agar Shopee Liga 1 dapat menjadi sarana untuk membangun silahturahmi, persahabatan dan persaudaraan dan juga sebagai ajang prestasi sebagai wujud hasil pembinaan yang bermuara pada tim nasional Indonesia yang tangguh.

Pesan itu disampaikan Iriawan saat pidato pembukaan ‘kick-off’ Shopee Liga 1 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2). 

“Kita berbangga dan berbahagia karena Liga1 musim ini digelar lebih awal dan tepat sesuai rencana, mempertandingkan 306 laga yang berlangsung dari 29 Februari hingga 31 Oktober 2020,” kata pria yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ ini.

Berita Terkait : Jelang Tantang Arema FC di Liga 1 2020, Persija Kembali Jalani Swab Test

Iriawan menegaskan, bergulirnya Liga 1 tepat waktu sesuai yang direncanakan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak lain untuk memenuhi arahan Presiden Jokowi agar kompetisi sepak bola kita tepat waktu, berkualitas, fair play, serta menjadi tontonan menarik dan menghibur bagi masyarakat.

“Kompetisi yang bermutu, akan bermuara pada pembentukan tim nasional yang tangguh serta mendapatkan kepercayaan baik dari dunia usaha maupun publik internasional secara luas.

Kepercayaan atau trust ini sangat penting, mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tahun depan,” paparnya.

Berita Terkait : Piala AFF 2020 Diundur, PSSI: Kami Akan Siapkan Tim Sebaik Mungkin

Kepada para pemain dan ofisial tim, Ketua Umum PSSI meminta agar menjaga sportivitas dan mengembangkan fairplay dalam setiap pertandingan. Sedangkan untuk pemimpin pertandingan harus bertindak jujur, lurus dan dapat menjalankan tugasnya secara profesional.

“Untuk para suporter, tinggalkan tradisi kekerasan, serta jauhkan rasa permusuhan. Ingat tema Liga 1 2020 adalah ‘Kita Bersaudara,” tegasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga yang juga hadir membuka resmi Liga 1 di Surabaya menyatakan apresiasi pemerintah kepada PSSI dan PT LIB karena dapat memulai kompetisi level tertinggi sepak bola nasional tahun ini sesuai perencanaan. “Ini awal yang baik, memulai kompetisi tepat waktu sebagaimana yang dicanangkan sebelumnya,” katanya. [WUR]