RMco.id  Rakyat Merdeka - Liga Polo Air 2020 telah resmi dibuka pada Selasa (3/3 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), DKI Jakarta. Ajang ini merupakan salah satu upaya Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) untuk mencari bibit unggul.

Kompetisi yang diikuti 9 klub itu digelar hanya untuk pemain polo air yang berusia dibawah 16 tahun. Sembilan klub yang mengikuti ajang ini adalah Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, JAQ, Millenium, Pari Sakti, Bina Taruna, Kuda Laut, ISA dan Tirta Taruna.

Di hari pembukaan terdapat dua pertandingan yang digelar, yaitu duel antara Tirta Kencana melawan Bina Taruna dan JAQ menghadapi Kuda Laut. Pada laga perdana, Bina Taruna sukses mengalahkan Tirta Kencana dengan skor 12-7.

Baca Juga : Bolehkan Pelanggan Makan di Tempat, 2 Restoran di Jaktim Ditutup Satpol PP

Di pertandingan itu, Raisa Akmal Fandi berhasil menjadi pemain terbaik. Sedangkan di laga kedua, JAQ dengan superior sukses mengalahkan Kuda Laut. JAQ berhasil membungkam Kuda Laut dengan skor 23-5.

Kemenangan JAQ semakin spesial setelah Sancho Radityo terpilih terpilih sebagai pemain terbaik di laga tersebut. Sertifikat pemain terbaik diserahkan Presiden Direktur ANTV, Ahmad Zulfikar.

Ketua Penyelenggara Liga Polo Air 2020, Wisnu Wardhana mengatakan, ajang ini akan digelar hingga delapan pekan ke depan. Ia pun berharap, Liga Polo Air 2020 yang diselenggarakan Optimus itu bisa melahirkan pemain polo air untuk membela Tim Nasional di Olimpiade 2032 mendatang.

Baca Juga : Menpora Harap Pemuda Punya Semangat Terjun di Bidang Kemaritiman

"Ajang ini diikuti oleh 9 tim dan akan berlangsung hingga 8 minggu ke depan. Tujuannya, untuk mencari pemain terbaik yang ke depannya akan membela timnas," ucap Wisnu Wardhana, di Stadion Akuatik GBK, Selasa (3/3).

Sementara itu, Technical Delegate Liga Polo Air 2020, Dean Baldwin, berharap, kompetisi ini bisa berjalan dengan lancar. Apalagi, ajang ini merupakan kesempatan bagi setiap pemain untuk bisa merasakan atmosfer Stadion Akuatik GBK.

"Alhamdulillah pertandingan berjalan lancar, kompetisi sesuai ekspetasi. Para perserta bisa merasakan atmosfer arena polo air GBK hang merupakan tempat latihan Timnas," ujar Dean.

Baca Juga : Akhir Tahun, Pemerintah Terima 30 Juta Dosis Vaksin Corona

Lebih lanjut, Dean mengaku, kaget dengan tingkat kehadiran ratusan penonton di hari perdana Liga Polo Air 2020 yang diselenggarakan Optimus. Ia pun ingin, di pekan selanjutnya penonton yang hadir bisa lebih banyak lagi.

"Semoga minggu depan bisa lebih baik lagi dan penonton semakin ramai. Jujur, hari ini saya kaget penonton bisa ramai. Semoga ajang ini bisa menjadi tolak ukur untuk menjadikan timnas lebih kuat," katanya.

Sementara jadwal minggu depan, Selasa 10 Maret 2020 akan berhadapan Indonesia Aquatic Star melawan Millenium dan laga kedua Bina Taruna berhadapan dengan Kuda Laut. [WUR]