Shin Tae Yong: Fisik dan Mental Pemain Kunci Perbaikan Prestasi Sepak Bola Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (tengah) (Foto: PSSi)
Klik untuk perbesar
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (tengah) (Foto: PSSi)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pelatih kepala tim nasional Indonesia Shin Tae Yong mengatakan penguatan fisik dan mental pemain menjadi kunci perbaikan prestasi timnas Indonesia.

Demikian paparan Shin Tae Yong kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Rabu (4/3). “Kalau dua hal itu dibenahi dengan benar, pasti sepak bola Indonesia akan berkembang sangat baik,” kata Shin Tae Yong.

Berita Terkait : Shopee Liga 1 2020 Dimulai, Ini Pesan Ketum PSSI

Tae Yong memaparkan secara detail kondisi para pemain timnas, terutama Timnas U-19 yang dibawanya mengikuti training camp di Thailand, Januari lalu. Pelatih asal Korea Selatan itu menyampaikan laporan rinci para pemain Timnas U-19, yang sebagian di antaranya akan menjadi kerangka untuk Piala Dunia U-20 2021, sejak menjalani pemusatan latihan di Cikarang.

“Saat berkumpul pada pertengahan Januari itu, jumlah awal pemain Timnas U-19 ada 55 orang,” kata Tae Yong.

Berita Terkait : Ketum PSSI Minta Satgas Antimafia Bola Kawal Timnas Indonesia

Pada 22 Januari–1 Februari, 28 pemain kemudian berangkat ke Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, untuk melanjutkan pemusatan latihan serangkaian uji coba melawan tim-tim asal Korsel. 

Dalam rentang waktu itu, timnas menjalani 5 kali uji tanding, dengan 4 kali kalah, yakni 1-5 melawan Busan IPark, 0-2 dari Kyung Hee University, 0-4 dan 1-4 dari Seongnam FC dan menang 2-1 pada laga kedua melawan Kyung Hee University. [WUR]