RMco.id  Rakyat Merdeka - Liverpool akan menjamu Bournemouth dalam lanjutan Premier League, Sabtu (7/3) di Anfield, Inggris. Kedua tim bakal beradu strategi.

Rivalitas mereka, bukan hanya aspek ofensif semata, tetapi juga aspek pertahanan mereka demi mengamankan tiga angka. Di klasemen sementara, Liverpool sejauh ini ada di peringkat satu. Selain mengumpulkan total 26 kemenangan, tim ini sudah merasakan sekali hasil imbang dan menderita sekali tumbang.

Performa Liverpool sepanjang musim dapat diukur dari aspek penguasaan bola mereka. Data Opta menunjukkan The Reds tercatat mampu menciptakan 14358 umpan akurat dari total 17149 kali umpan.

Berita Terkait : Liverpool Vs Aston Villa, Si Merah Masih Lapar

Jika dilihat lebih jauh, The Reds menghasilkan 3439 umpan akurat di sepertiga terakhir lapangan. Dari statistik yang demikian, jumlah keberhasilan Liverpool dalam menciptakan open play (permainan terbuka) adalah 13837 dari 337 percobaan.

Skema ini membuahkan 46 gol dari permainan terbuka yang diterapkan pelatih Liverpool J. Klopp. Namun, permainan The Reds tidak dapat dilihat dari aspek itu semata. Mereka juga mengandalkan bola mati.

Dari 12 percobaan tendangan bebas langsung ke gawang musuh, tercatat dua di antaranya bisa diamankan kiper lawan, sedangkan dua yang lain mentah. Terkait tendangan sudut, Liverpool total memiliki 182 corner, dan menciptakan 63 peluang dari skema itu.

Berita Terkait : Dendam Terbalas

Lawan tuan rumah kali ini adalah sang tamu AFC Bournemouth yang di klasemen ada di urutan 18. Hingga pekan termutakhir, tim ini mendapatkan tujuh kali kemenangan, enam kali seri, dan 15 kali kalah.

The Cherries secara keseluru- han menciptakan 11150 umpan, dengan jumlah umpat akurat yang mencapai angka 8498 kali. Mereka bisa menjadi ancaman untuk pertahanan tuan rumah jika melihat 2051 kali umpan sukses di wilayah berbahaya lawan sepanjang musim.

Sadio Mane menjanjikan Liverpool akan segera bangkit setelah menelan dua kekalahan beruntun. Liverpool tumbang di kandang Watford dalam duel Liga Inggris akhir pekan lalu. Teranyar, the Reds disingkirkan Chelsea di putaran kelima Piala FA dengan skor 0-2, Rabu (4/3) dini hari WIB.

Berita Terkait : Liverpool 3-1 Arsenal, Diogo Jota Luar Biasa

“Kami punya pertandingan penting lain pada Sabtu (melawan Bournemouth) dan Rabu (melawan Atletico Madrid). Jadi untuk pertandingan ini kami akan siap dan kami akan kembali (menang) lagi,” kata Mane.

Ia menegaskan, sekarang waktunya memutuskan apakah Liverpool akan sukses atau tidak, usai menelan kekalahan ketiga dalam empat pertandingan terakhir. Satu kekalahan lagi didapatkan pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Atletico Madrid.

“Saya pikir, ini momen untuk bisa atau tidak menjadi juara, juara yang hebat. Saya kira momen seperti ini telah terjadi pada kami, bukan pertama kali dan tak akan jadi yang terakhir kali,” ujar Mane. [KW]