Waspada Corona, Kemenpora Minta Induk Olahraga Jadwal Ulang Try Out ke Luar Negeri

Plt Deputi Chandra Bhakti saat sosialisasi vaksinasi bagi atlet. (Foto : Kemenpora)
Klik untuk perbesar
Plt Deputi Chandra Bhakti saat sosialisasi vaksinasi bagi atlet. (Foto : Kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kemenpora berharap induk olahraga bisa menjadwal ulang try ke luar negeri. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi karena mewabahnya virus Covid-19.

"Sejak adanya virus Corona kita telah memberikan informasi kepada induk cabang olahraga untuk mengatur dan mempertimbangkan kembali bagi atlet dan cabor yang akan mengikuti kualifikasi try out ke luar negeri," kata Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti didampingi Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Edi Nurinda membuka Sosialisasi Vaksinasi bagi Atlet dan Ofisial dalam Rangka Event Nasional dan Internasional di Function Hall Gedung FX Mall, Jakarta, Jumat (6/3) siang.

Namun Plt. Chandra Bhakti menghimbau Covid-19 tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Yang perlu dilakukan adalah antisipasi dengan menjaga kebersihan diri.

Berita Terkait : Total Suspect Corona di Indonesia Kini Berjumlah 23 Orang

"Kemenkes telah memberikan himbauan tinggal kita patuhi dengan menjaga kesehatan diri dan melalui kegiatan ini kita akan sosialisasikan lebih jauh tentang Covid-19 kepada atlet dan pengurus cabang olahraga, dan semoga bisa tersampaikan ke semua atlet dan pengurus cabor," ujarnya.

Kepala PPITKON Edi Nurinda Kemenpora telah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh atlet, pengurus dan stakeholder keolahragaan terkait Covid-19 ini.

"Kita juga bekerjasama dengan NOC Indonesia terkait pengiriman atlet ke luar negeri supaya terhindar dari bahaya paparan dari virus Covid-19 ini, disisi lain kita juga membantu meningkatkan imun tubuh pada atlet supaya mereka bisa survive dan terjaga imunitasnya," lanjut Edi.

Berita Terkait : Lawan Virus Corona, Mahfud Kena Virus TikTok

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari juga menekankan tentang kewaspadaan kita terkait Covid-19 karena keselamatan dan kesehatan atlet adalah segala-galanya karena mereka tidak terbatas kepada Olimpiade Tokyo tetapi hingga multievent lainnya termasuk Olimpiade Indonesia 2032.

"Kita tidak perlu terlalu ketakutan, waspada perlu, karena saat ini para atlet dalam kondisi prima, melalui sosialisasi ini harus fahami virus ini bukan virus terbang tapi yang ditularkan melalui droplet (bersin) dan ada langkah pencegahannya seperti yang dicontohkan Presiden," kata Okto.

Menurutnya, Presiden IOC telah menyampaikan secara resmi bahwa Olimpiade Tokyo 2020 tetap berjalan sesuai waktunya, sehingga semua proses persiapan harus dijaga dan dimaksimalkan untuk menambahkan kualifikasi atlet kita.

Berita Terkait : Presiden Rouhani: Kalau Serius Membantu, Sanksi Obat-obatan Harus Segera Dicabut

"Di situs resminya Presiden IOC telah menyampaikan secara resmi bahwa Olimpiade Tokyo 2020 tetap berjalan tepat pada waktunya dan semoga kita bisa lebih banyak atlet yang lolos kualifikasi dari Olimpiade 2016," ujarnya.

Pentingnya acara ini hingga menghadirkan para narasumber seperti dari PPITKON Dr. Haryono, Dr Ansyari Sarifudin, Dirjen P2P Kemenkes Benget Saragih dan beberapa lainnya, turut hadir pada Sosialisasi ini Sesdep Pembudayaan Olahraga Suryati, Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga M. Nigara, General Manager Sanofi Indonesia Joselito Sta. Ana, Kabag Humas Isa Ansyari dan para Ketua Induk Cabor. [IPL]