RB Leipzig vs Spurs, Leher Mou Jadi Taruhan

Jose Mourinho. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Jose Mourinho. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - RB Leipzig akan duel dengan Tottenham Hotspur pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Red Bull Arena, Rabu (11/3) dini hari nanti WIB. Nasib Jose Mourinho mungkin akan dipertaruhkan pada laga ini.

Liga Champions menjadi satu- sa­tunya harapan trofi Mourinho. Itu setelah mereka tersingkir dari semua ajang piala domestik lainnya di Inggris, baik FA Cup, Carabao Cup, dan duduk di urutan delapan klasemen Premier League.

Tottenham Hotspur masuk ke pertandingan leg pertama  melawan Leipzig dalam performa bagus. The Lilywhites memenangkan tiga laga beruntun tapi mereka kalah 1-0 dari tamunya Leipzig untuk memulai mencatatkan rekor tanpa kemenangan dalam lima pertandingan berturut-turut, termasuk kekalahan pada laga penting melawan Wolves dan Chelsea.

Berita Terkait : Piala FA : Leicester Lolos, Spurs Tersingkir

RB Leipzig akan mencoba men­capai babak perempat final kompetisi besar Eropa untuk kedua kalinya. Die Roten Bullen mencapai tahap itu di Liga Europa 2017/2018 sebelum disingkirkan oleh Marseille.

Sementara itu, Tottenham Hotspur telah tersingkir delapan kali dari 10 kompetisi besar UEFA terkininya setelah kalah lebih dulu pada leg pertama. Pada leg pertama, manajer Leipzig Julian Nagelsmann menjadi manajer termuda yang berhasil membawa timnya lolos ke babak sistem gugur Liga Champions (32 tahun dan 211 hari).

Sebelum ini manajer termuda yang lolos dari babak sistem gugur adalah Didier Deschamps pada musim 2003/2004 bersama AS Monaco (35 tahun dan 147 hari). Namun pada musim itu Mourinho yang berusia 41 tahun menjadi prospek terpanas Eropa.

Berita Terkait : Kane Ngebet Main di Piala Eropa

Sekarang dia tampak seperti kakek tua yang kelelahan pada usia 57 ta- hun, terutama jika dibandingkan dengan Nagelsmann. Lebih buruk lagi, Mou kesulitan meraih hasil bagus di Jerman. Sang manajer Tottenham telah tujuh kali kalah dari sembilan laga Liga Champions di Jerman hanya dua yang menang. Lebih banyak kalah saat tandang di Jerman daripada di tempat lain. Tujuh kekalahan itu menjadi bagian 30 persen kekalahan tandangnya di Liga Champions hingga saat ini.

“Saya akan berupaya membawa dampak positif pada Totten- ham. Semoga pertahanan Spurs tetap terorganisir dengan baik di laga nanti,” harap Mou.

Ada kelemahan di skuad Leipzig saat ini dengan mereka belum pernah mencatatkan clean sheet di kandangnya sendiri pada kompetisi Liga Champions ini. Pada babak penyisihan grup, misalnya, mereka kebobolan dalam lima dari enam laga.

Berita Terkait : RB Leipzig 1-0 Spurs, Gol Penalti Jadi Pembeda

Sementara itu, The Lilywhites telah mencetak gol dalam 10 dari 12 tandangnya, dengan kedua tim mencetak gol pada 10 pertandingan itu. Selain itu sembilan dari 11 laga terakhir Spurs berujung dengan kedua tim sama-sama mencetak gol.

Tottenham Hotspur sebelumnya memang menuai hasil buruk saat bermain imbang 1-1 ketika melakoni laga tandang melawan Burnley di Premier League Inggris di Stadion Turf Moor, Minggu, 8 Maret 2020 dini hari WIB. Hasil yang menjadi modal buruk bagi Tottenham yang akan menghadapi RB Leipzig di laga kedua babak 16 Besar Liga Champions. [KW]