RMco.id  Rakyat Merdeka - Liverpool kemungkinan tak perlu lagi bertanding untuk meraih gelar juara English Premier League 2019/2020. Sebab, kompetisi tertinggi di Inggris tersebut berpotensi tidak dilanjutkan seiring masifnya penyebaran wabah corona di Eropa.

Seperti diketahui, Liverpool saat ini sedang memuncaki klasemen dengan keunggulan 25 poin atas Manchester City yang menempati peringkat kedua. Penguasa Anfiled itu bahkan hanya tinggal butuh enam poin untuk memastikan gelar Premier League.

Namun, harapan mereka meraih gelar tercepat pertama sejak 1990 harus tertunda setelah CEO Premier League, Richard Masters menunda kompetisi hingga tiga pekan depan akibat wabah corona.

Berita Terkait : Spurs Buka Pintu Zona Eropa, Liverpool Keok Dihajar Arsenal

Ini artinya, Liga Inggris 2019- 2020 baru akan bergulir pada Sabtu 4 April 2020. Namun, akibat penyebaran corona mulai mengenai pemain dan pelatih, peluang Liga Inggris dilanjut- kan menjadi sangat kecil dan Liverpool kemungkinan akan meraih gelar juara tanpa harus bertanding lagi.

Apalagi, dalam pertemuan klub-klub Premier League dengan English Football League dan FA kemarin juga muncul pernyataan dari Chairman FA Greg Clarke, yang menyebut mustahil untuk menuntaskan musim kompetisi 2019/2020.

Sebab, belum ada jaminan apakah liga bisa bergulir lagi setelah dua pekan masa karantina, jika penyebaran virus corona belum bisa diredam. Apalagi sudah 798 kasus corona terjadi di Inggris dengan 11 di antaranya meninggal dunia.

Berita Terkait : Arsenal vs Liverpool, Sama-sama Ngos-ngosan

Hingga saat ini tidak ada regulasi yang bisa dijadikan dasar untuk menentukan gelar juara jika Liga Inggris dibatalkan dikarenakan situasi seperti saat ini. Namun, The Telegraph meng- klaim Liverpool kemungkinan besar akan diberi gelar juara Liga Inggris musim ini.

Dikutip Daily Metro, tidak ada keberatan dari 19 tim Premier League lainnya jika Liverpool dinyatakan menjadi juara Liga Inggris musim ini. Terkait degradasi, Premier League berpeluang tidak akan memberlakukan degradasi musim ini.

Premier League justru akan memberi ruang bagi Leeds United dan West Bromwich Al- bion untuk promosi dari Championship. Dengan demikian Premier League akan memiliki 22 tim musim depan.

Berita Terkait : Liga Inggris : Chelsea Dilumat Sheffield 0-3, Liverpool Dapat Satu Poin

Sementara itu tim yang akan lolos ke Liga Champions meng- gunakan posisi finis empat besar musim lalu. Liverpool, Manchesyer City (masih dalam banding hukuman UEFA), Chelsea, dan Tottenham Hotspur akan kembali ber- main di Liga Champions musim depan.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp setuju keputu­san Premier League untuk menghentikan semen­ tara Liga Inggris. “Keputusan hari ini diterapkan dengan motif keselamatan orang-orang. Tidak ada yang tahu seperti apa hasil akhir (Liga Inggris), tapi sebagai tim kami percaya pihak berwenang akan mengambil keputusan berdasarkan keadilan dan moral yang sehat,” ujar Klopp. [DNU]