RMco.id  Rakyat Merdeka - Gegara Covid-19, Tiga event besar olahraga yakni Piala Eropa, Copa America dan Piala Dunia Antarklub resmi mundur dari jadwal yang telah disepakti.

UEFA mengumumkan penundaan Piala Eropa 2020 ke tahun 2021 demi memberikan kesempatan liga-liga domestik maupun kompetisi antarklub Eropa musim 2019/20 bisa dirampungkan hingga musim panas.

Berita Terkait : Jokowi: Pilkada Harus Terapkan Protokol Kesehatan, Jangan Ditawar

Sejalan dengan itu, CONMEBOL, juga mengumumkan keputusan memundurkan Copa America yang sedianya digelar di Argentina dan Kolombia musim panas nanti ke tahun depan.

Buntutnya, Piala Dunia Antarklub 2021 kemungkinan bakal ikut terdampak penundaan Euro 2020 dan Copa America 2020 yang diundur setahun karena pandemi COVID-19.

Baca Juga : Kementerian PUPR Janji Perhatikan Aspirasi Anggota DPR

Presiden FIFA Gianni Infantino  mengatakan akan menggelar telekonferensi untuk membicarakan opsi penjadwalan ulang Piala Dunia Antarklub 2021.

Piala Dunia Antarklub Infantino menyebutkan setidaknya ada tiga opsi yang bisa ditempuh untuk edisi inagurasi format baru Piala Dunia Antarklub, yakni tetap digelar pada 2021 tapi memilih bulan-bulan akhir, diundur ke 2022 atau bahkan ke 2023.

Baca Juga : Posisi Palestina Makin Kejepit

"Akan dibangun pula diskusi dengan federasi sepak bola China dan pemerintah setempat mengenai penundaan Piala Dunia Antarklub 2021 guna meminimalisir dampak negatif," kata Infantino dalam pernyataannya.

Infantino juga akan membicarakan mengenai berbagai penjadwalan laga-laga internasional yang saat ini tertangguhkan karena pandemi COVID-19. Ia berharap solusi terbaik bisa ditemukan sebelum akhir April. [IPL]