Olimpiade 2020, Kanada : Tunda atau Boikot

Olimpiade 2020 di Tokyo. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Olimpiade 2020 di Tokyo. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kanada menjadi negara pertama yang memboikot Olimpiade Tokyo 2020 jika tetap digelar pada Juli 2020. Kanada tak mau ambil risiko karena pandemi coronavirus.

Martin Richard, kepala komunikasi untuk Komite Paralimpik Kanada mengatakan Kanada masih menunggu keputusan dari IOC. Namun mereka sudah mempersiapkan diri untuk tak datang akibat Covid-19.

Berita Terkait : Jepang Yakin Olimpiade 2020 Tetap Sukses

 "Dunia sedang menghadapi krisis dan ini lebih penting daripada acara olahraga lainnya," kata Richard kepada Reuters, Senin (23/3).  "Kami memutuskan itu adalah hal yang benar untuk dilakukan."

Richard mendesak IOC untuk menunda Olimpiade selama satu tahun sambil menawarkan dukungan sepenuhnya dalam membantu menavigasi semua kerumitan yang diakibatkan oleh penjadwalan ulang Olimpiade. 

Berita Terkait : Kemenpora Apresiasi IOC dan Pemerintah Jepang Soal Penundaan Olimpiade

"Sementara kami mengenali kompleksitas melekat di sekitar penundaan, tidak ada yang lebih penting dari kesehatan dan keselamatan atlet-atlet kami dan komunitas dunia," kata Richard.

Baginya menyelenggarakan Olimpiade 2020 di tengah ancaman virus corona tidak hanya mengancam keselamatan dan kesehatan para atlet, tetapi juga keluarga mereka dan komunitas warga Kanada yang lebih luas. [IPL]