Tumpas Covid-19, Messi dan Guardiola Sumbang Rp 17.7 Miliar

Lionel Messi. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Lionel Messi. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Aksi Lionel Messi dan manajer Manchester City Pep Guardiola layak dicontoh. Keduanya menyumbangkan 1 juta euro atau sekitar Rp17,7 miliar untuk pengadaan alat kesehatan dalam upaya memerangi pandemi global Covid-19 di Spanyol.

Dilaporkan Marca, bintang Argentina Lionel Messi mendonasikan dananya ke sebuah klinik rumah sakit di Barcelona.

Berita Terkait : Rentan Covid-19, Singapura Beri Kemudahan Belanja Bagi Lansia Hingga Bumil

"Leo Messi menyumbang ke klinik untuk memerangi wabah virus corona. Terimakasih banyak atas komitmen dan dukungan Anda," tulis petugas klinik dalam Twitter-nya seperti dikutip Reuters, Rabu (25/3)

Hal sama juga dilakukan Pep Guadiola. Sumbangannya disampaikan melalui Yayasan Angel Soler Daniel dan Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona.

Berita Terkait : Terinfeksi Covid-19, Besan Ayatollah Ali Khamenei Meninggal Dunia

"Pep Guardiola menyumbangkan satu juta euro kepada Yayasan Angel Soler Daniel untuk pengadaan alat kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19," demikian pernyataan resmi pihak Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona.

"Selain untuk membeli perlengkapan yang kurang di pusat kesehatan Catalunya, dana ini juga akan dipakai untuk membiayai proses produksi alternatif alat kesehatan petugas medis seperti respirator melalui cetak 3D dan berbagai metode lainnya," tulis pernyataan yang sama.

Berita Terkait : Bantu Pasien Covid-19, Man City dan Man United Sumbang Rp 1,8 Miliar

Spanyol jadi negara Eropa kedua yang terdampak paling parah oleh Covid-19 setelah Italia. Data WHO mencatat hingga Selasa sebanyak 33.089 orang positif tertular Covid-19 dan 2.182 nyawa meninggal di sana.

Covid-19 telah memaksa banyak ajang olahraga di Spanyol tertangguhkan, termasuk La Liga yang baru-baru ini mengumumkan memperpanjang masa penangguhan mereka hingga waktu yang tidak ditentukan. [IPL]