RMco.id  Rakyat Merdeka - Melewati perjuangan yang cukup sengit, Indonesia akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana di laga penyisihan Grup B Piala AFF 2018, usai merobohkan Timor Leste 3-1. Sejak awal pertandingan, Timor Leste menunjukkan keberingasannya. Indonesia yang tampak cukup tertekan, mencoba membombardir pertahanan skuad Norio Tsukitate.

Pemain sayap Andik Vermansyah sempat melakukan pelanggaran di menit ke-29, hingga Timor Leste dihadiahi tendangan bebas. Menit 31, Febri mendapat perawatan setelah berbenturan dengan pemain Timor Leste. Setelah itu, upaya-upaya yang dibangun skuad Bima Sakti, tidak membuahkan hasil. Hingga babak pertama usai, skor kacamata 0-0 tetap bertahan.

Baca Juga : Bantu Korban Banjir di Katingan, Polda Kalteng Siapkan 100 Personel

Menit 47, Timor Leste unggul lebih dulu melalui tendangan penalti Rufino Walter Gama. Tak kunjung mencetak gol, pelatih Bima Sakti pun melakukan perubahan taktik. Riko Simanjuntak masuk menggantikan Febri Hariyadi. Indonesia pun tampil lebih garang. Merah Putih berhasil menyamakan kedudukan lewat Alfath Fathier.

Sukses mencetak hasil imbang, semangat Indonesia kian menyala. Kemudian di menit ke-68, skuad Bima Sakti berhasil menggandakan keunggulan lewat aksi penalti Stefano Lilipaly. 20 menit berselang, Indonesia mengokohkan kemenangan 3-1 lewat aksi Alberto Goncalves alias Beto di menit 82.

Baca Juga : Darmadi Dorong BUMN Perkuat UMKM, Koperasi dan Swasta

Kemenangan ini tentunya melegakan pelatih Bima Sakti. Maklumlah, di laga sebelumnya, Indonesia keok di tangan Singapura 0-1. "Alhamdulillah karena hari ini telah diberikan kemenangan. Terima kasih untuk semuan pemain yang telah bekerja keras, bermain maksimal. Kita sempat tertinggal, tetapi kemudian bangkit. Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih untuk para suporter yang sudah mendukung kami," kata Bima.

Di laga penyisihan Grup B lainnya, Singapura bertekuk lutut di bawah kaki Filipina 0-1. Hasil ini menempatkan Indonesia di peringkat dua klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018, sama dengan Thailand, Singapura, dan Filipina yang baru satu kali bertarung. Indonesia kalah dalam selisih gol, karena Thailand menang 7-0 atas Timor Leste. [WUR]