Formula E, Jakarta Masih Punya Peluang

Ajang Formula E atau balapan mobil balap listrik. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ajang Formula E atau balapan mobil balap listrik. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Operator Formula E masih membuka peluang seri Asia termasuk Jakarta menggelar balapan tahun ini. Namun semua keputusan itu masih akan dinanti hingga Juni mendatang.

Ajang Formula E tahun ini terganggu karena pandemi virus corona. Setidaknya ada lima seri yang akhirnya dibatalkan karena situasi yang tak mendukung.

Lima seri tersebut adalah Sanya, Roma, Paris, Seoul, dan Jakarta. Semuanya seharusnya digelar pada periode Maret hingga Juni 2020. Bila situasi kondusif, operator Formula E kemungkinan baru menggelar balapan lagi pada 21 Juni mendatang di Berlin.

Berita Terkait : Smesco: UMKM Olahan Makanan Paling Terdampak Corona

Kemudian dilanjutkan di New York pada 11 Juli 2020, dan London pada 26 Juli 2020. Selanjutnya, tiga seri Formula E Asia yang dibatalkan juga bisa digelar. Yakni seri Sanya, Seoul, dan Jakarta.

Rencananya balapan akan digelar pada akhir Agustus atau awal September 2020. Race yang digelar di Arab Saudi pada November 2020 dijadwalkan menjadi sebagai ajang penutup.

Sanya saat ini belum ada laporan warganya terinfeksi virus corona covid-19. Sementara jumlah orang yang terinfeksi virus corona covid-19 di Seoul semakin sedikit. Hanya Jakarta saja yang diragukan bisa menggelar event itu September nanti.

Berita Terkait : Tok, Jokowi Resmi Larang Mudik

Namun semuanya masih menunggu rapat operator Formula E dengan FIA pada Juni mendatang. Formula E menggunakan bendera sebagai simbol balapan yang bisa digelar musim ini setelah adanya virus corona covid-19.

Bendera merah yang berarti tidak balapan yakni bulan Maret dan April. Sementara bendera kuning yakni peluang menggelar balapan masih terbuka pada bulan Mei, serta bendera hijau pada bulan Juni dan Juli yakni balapan akan digelar sesuai rencana.

Namun ketiga tahap tersebut masih akan menanti perkembangan wabah virus corona. Jika sudah stabil maka balapan bisa digelar atau tempatnya dipindah. [KW]