RMco.id  Rakyat Merdeka - Liga Pro Belgia musim ini resmi dihentikan setelah melewati 29 pertandingan akibat pandemi corona. Dengan demikian Club Brugge dipastikan sebagai juara musim 2019/20 dan berhak mewakili Belgia di fase grup Liga Champions 2020/21.

Gent finis kedua di bawah Brugge, juga berhak lolos ke Liga Champions namun melalui babak kualifikasi. Sementara Sporting Charleroi, Royal Antwerp dan Standard Liege mendapat jatah ke Liga Eropa.

Baca Juga : Redesain Food Estate Antisipasi Krisis Pangan dan Resesi

Sebagai pengganti fase play-off degradasi, klub juru kunci Waasland Beveren langsung terdegradasi ke kasta kedua. Skema promosi dari kasta kedua masih belum diputuskan.

Divisi Pertama Belgia B terbagi menjadi dua turnamen, dengan masing-masing pemenang akan memainkan laga play-off dua leg untuk menentukan juara seutuhnya.

Baca Juga : Peroleh Angka Tertinggi Survei, Yunarto: PDIP Masih Jadi Idola

OH Leuven memenang kan turnamen pembuka, sedwngkan Beerschot memenangkan putaran penutup. Beerschot meraih kemenangan 1-0 atas Leuven dalam duel leg pertama dan leg kedua sejauh ini belum bisa dilaksanakan.

Pihak Liga Pro meminta agar klub-klub harus memberitahu liga saat yang tepat untuk melaksanakan leg kedua. “Manajemen Liga Pro akan diwajibkan untuk menyesuaikan dengan regulasi federal terkait hak pada pemain untuk bermain pada tanggal pertandingan itu dan bukan jadwal semula,” tulis mereka dikutip goal.com.

Baca Juga : AS Minta China Tutup Konsulnya Di Houston Segera

Apabila nanti final promosi tidak bisa selesai sebelum awal musim depan, klub dengan jumlah poin tertinggi di grup 1B dengan lisensi yang valid untuk 1A, yakni KVC Westerlo, akan dipromosikan ke Liga Pro. Untuk Liga Pro musim 2020/2021 akan digelar dengan format adaptif, dengan musim reguler terdiri dari 30 pertandingan. [KW]